Mendag Lutfi Gelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali

Mendag Lutfi Gelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali

Nasional | radarjogja | Rabu, 18 Mei 2022 - 19:12
share

RADAR JOGJA Menteri-menteri ekonomi ASEAN, yang Jumat lalu baru kembali dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEANAmerika Serikat (AS), memastikan akan memenuhiu ndangan untuk menghadiri Pertemuan Khusus Para Menteri Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Ministers Special Meeting (AEM Special Meeting) tanggal 1718 Mei 2022 di Bali.

Pertemuan ini disebut pertemuan khusus karena tidak dijadwalkan sebelumnya dalam agenda resmi ASEAN. Selain itu, pertemuan ini diinisiasi bukan oleh negara pimpinan ASEAN yang saat ini dipegang Kamboja, melainkan inisiatif Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi.

Dan tentunya khusus karena pertemuan ini adalah kali pertama para menteri ASEAN kembali bertemu secara fisik sejak diterapkannya protokol kesehatan Covid-19 dua setengah tahun silam, kata Mendag Lutfi menjelaskan.

Mendag Lutfi menyampaikan, Setidaknya ada tiga alasan strategis utama kenapa kami
berinisiatif mengundang para menteri ekonomi ASEAN menghadiri Pertemuan Khusus Para Menteri Ekonomi ASEAN di Bali besok.

Pertama, menurut Mendag, adalah kesuksesan ASEAN dalam KTT ASEANAS minggu lalu ketika Indonesia menjadi negara koordinator ASEAN. Keberhasilan KTT ASEANAS minggu lalu adalah momentum penting yang harus segera ditindaklanjuti dengan positif dan konkret.

Kondisi perekonomian dunia saat ini sangat rapuh dan tidak pasti. ASEAN justru beruntung
mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif. Apalagi ASEAN sebagai satu komunitas adalah perekonomian ketujuh terbesar di dunia, tambah Mendag Lutfi.

KTT ASEANAS minggu lalu ditutup dengan pernyataan bersama bahwa kerja sama ASEANAS akan ditingkatkan ke level kerja sama ekonomi yang komprehensif untuk ditandatangani pada pertemuan lanjutan di bulan November tahun ini.

Mendag Lutfi menyampaikan alasan kedua yang menjadikan AEM Special Meeting di Bali ini
sangat penting. Menurut Mendag Lutfi, AEM Special Meeting di Bali akan memprioritaskan
bagaimana sepuluh negara anggota ASEAN bisa lebih menyatu lagi dalam melindungi
pertumbuhan ekonomi ASEAN, sambil meningkatkan integrasi dan kontribusi ASEAN terhadap
perekonomian dunia. (*/ila)

Topik Menarik