Loading...
Loading…
72 Ribu Jiwa Lakukan Aktivitas Mudik dan Balik di Pelabuhan Parepare

72 Ribu Jiwa Lakukan Aktivitas Mudik dan Balik di Pelabuhan Parepare

Nasional | rakyatku | Rabu, 18 Mei 2022 - 10:30

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Sebanyak 72 ribu jiwa melakukan aktivitas arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri 1443 H/2022 M di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Jumlah itu merupakan akumulasi sejak posko terpadu penyelenggaraan angkutan laut Lebaran dibuka mulai 17 April hingga 18 April 2022.

"Ada sebanyak 72.000 orang penumpang dari 61 call kapal tiba dan 60 call kapal berangkat selama sebulan terakhir," jelas Triono, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare, saat apel penutupan posko terpadu penyelenggaraan angkutan laut Lebaran di halaman Kantor KSOP Parepare, Rabu (18/5/2022).

Triono menyampaikan jumlah itu meningkat signifikan dibandingkan 2021 lalu saat pemerintah memberlakukan larangan mudik.

"Ada peningkatan sekitar 172 persen jika dibandingkan tahun lalu. Namun, justru turun atau minus 21 persen jika dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi," bebernya.

Triono mengatakan berdasarkan data jumlah penumpang, tercatat H-4 Lebaran merupakan puncak arus mudik. Sementara, untuk puncak arus balik terjadi pada H+11.

"Untuk puncak arus mudik terpadat sebanyak 4.909 orang tanggal 28 April menggunakan 4 armada, sementara arus balik terpadat pada tanggal 14 Mei menggunakan 5 armada dengan jumlah 5.520 orang," urainya.

Baca Juga :
65 Ribu Pemudik Lintasi Jalur Laut

Secara umum, kata Triono, penyelenggaraan angkutan laut Lebaran berjalan lancar. "Kemarin sempat ada penumpukan penumpang di Samarinda, namun kita sudah antisipasi dengan menambah armada KM Cateliya saat mudik H-4 untuk menjemput penumpang di Samarinda dan saat arus balik untuk mengangkut penumpang yang tidak terangkut dari KM Pantokrator, " bebernya.

Dalam apel penutupan posko terpadu penyelenggaraan angkutan laut Lebaran, KSOP memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak dari unsur TNI-Polri dan seluruh stakeholder di pelabuhan serta pengusaha kapal yang dinilai berjasa selama arus mudik dan balik di Pelabuhan Nusantara. (*)

Original Source

Topik Menarik