Loading...
Loading…
Jokowi Izinkan Lepas Masker, Enggak Disangka Ini yang Dilakukan Warga Jakarta

Jokowi Izinkan Lepas Masker, Enggak Disangka Ini yang Dilakukan Warga Jakarta

Nasional | indozone.id | Rabu, 18 Mei 2022 - 09:49

Presiden Joko Widodo mengeluarkan keputusan pelonggaran protokol kesehatan penggunaan masker, Selasa, 17 Mei 2022. Kini masyarakat tidak wajib lagi menggunakan masker saat di luar ruangan.

Namun masih wajib menggunakan masker saat berada di dalam ruangan dan transportasi publik. Usai keputusan tersebut dikeluarkan, Tim IDZ Creators memantau kondisi faktual di lapangan. Pedagang dan pembeli tetap jaga jarak & menggunakan masker. (Jafriyal/IDZ Creators)

Lokasi pertama kami adalah Terowongan Kendal, Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat. Di sini tidak ada perubahan berarti setelah keputusan tersebut keluar. Penumpang kereta tetap menggunakan masker setelah keluar stasiun. Hal yang sama juga terlihat pada pedagang dan pengemudi ojek. Pesepeda tetap mengguanakan masker saat berolahraga. (Jafriyal/IDZ Creators)

Selain pedagang dan pekerja banyak juga masyarakat yang sedang berolahraga melintasi terowongan ikonik ini. Pelari dan pesepeda sebagian sudah tidak menggunakan masker saat berolahraga.

Kondisi serupa juga terjadi di kawasan Halte Tosari Transjakarta. Di sini pengendara mobil, motor, dan penumpang Transjakarta tetap menggunakan masker saat melintas. Namun sebagian pesepeda dan pelari yang melintas sudah melepas masker saat berolahraga.

Baca Juga :
Dibuka Besok, Pengelola Mal Harus Pastikan Protokol Kesehatan Berjalan Ketat

"Saya akan tetap pakai masker saat keluar rumah meski ada pelonggaran," ujar Dede Septianti salah satu pekerja di Jakarta Selatan. Warga Jakarta tetap menggunakan masker. (Jafriyal/IDZ Creators)

Sebelumnya langkah yang sama juga diambil negara tetangga Indonesia. Singapura dan Malaysia juga menerapkan hal yang sama di wilayahnya masing-masing. Warga Singapura dan Malaysia tidak wajib lagi menggunakan masker saat berada di luar ruangan. Penumpang KRL menggunakan masker. (Jafriyal/IDZ Creators)

Namun tetap wajib menggunakan masker saat berada di dalam ruangan dan transportasi umum. Sedangkan di Asia sendiri baru ada tiga negara yang membebaskan warganya dari penggunaan masker yaitu Jepang, India, dan Korea Selatan.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini. IDZ Creators

Original Source

Topik Menarik