Loading...
Loading…
Partai Besutan Surya Paloh Berpeluang Berkoalisi dengan Tiga Partai Besar Ini di Pemilu 2024

Partai Besutan Surya Paloh Berpeluang Berkoalisi dengan Tiga Partai Besar Ini di Pemilu 2024

Nasional | wartaekonomi | Rabu, 18 Mei 2022 - 09:15

Partai NasDem berpeluang berkoalisi dengan Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) di Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Laboratorium Suara Indonesia (LSI) Albertus Dino melihat peluang tersebut sangat terbuka melihat perkembangan politik belakangan ini.

Ketua umum Partai Golkar, PPP dan PAN sebelumnya telah bertemu membicarakan peluang bekerja sama di Pemilu 2024 mendatang.

Selain itu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh juga telah bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto belum lama ini.

Saya melihat saat pertemuan antara Surya Paloh dan Airlangga di Nasdem Tower lalu terjalin sangat akrab. NasDem menerima kehadiran Golkar sangat hangat, ujar Albertus Dino dalam keterangan, di Jakarta, Selasa (17/5).

Menurut Albertus, keakraban saat Surya Paloh bertemu Airlangga, tidak sama dengan keakraban saat Surya Paloh menerima kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Saya kira AHY itu tidak seakrab Airlangga dari Golkar. Jadi, kemungkinan Nasdem bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (bersama Golkar, PPP dan PAN) lebih besar."

Baca Juga :
Surya Paloh: Nasdem-PKS Belum Berkoalisi

"Namun, saya melihat pertemuan Airlangga dan AHY di rumah dinas Menko Perekonomian lalu juga hangat, kata Albertus.

Albertus kemudian memaparkan alasan lain untuk memperkuat argumentasinya.

Dia meyakini dalam diri Airlangga terdapat figur pemersatu. Hal tersebut terllihat dari berbagai upaya yang Airlangga setelah perseteruan yang terjadi di Pilpres 2019 lalu.

Selain itu, Surya Paloh dan para kader NasDem mayoritas diaspora Golkar. "NasDem tentunya akan sulit bergabung dengan partai oposisi dan sebaliknya lebih mudah bergabung dengan partai pendukung pemerintah," kata Albertus.

Albertus menilai akan sangat menarik jika nantinya NasDem berkoalisi dengan Golkar, PPP dan PAN. Koalisi ini nantinya dapat menjadi koalisi jalan tengah yang bisa mempersatukan rakyat Indonesia.

Original Source

Topik Menarik