Pedagang Menjerit, Pembeli Pasar Turi Baru Tak Seramai TPS

Pedagang Menjerit, Pembeli Pasar Turi Baru Tak Seramai TPS

Nasional | genpi.co | Rabu, 18 Mei 2022 - 08:30
share

GenPI.co Jatim - Sebulan beroperasi Pasar Turi Baru Surabaya masih sepi pembeli. Kondisi tersebut dikeluhkan para pedagang.

Pantauan GenPI.co Jatim, hanya terlihat segelintir pembeli yang berlalu lalang.

Zaitul pedagang di lantai satu Pasar Turi Baru mengatakan, penjualan di stand miliknya masih terbilang minim.

Sekalipun ada yang membeli, namun pemasukan itu masih tak sebanding dengan pendapatannya ketika berdagang di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi.

"Meski tiap hari dapat pelaris, tetapi gak sampai seramai di bawah, di TPS. Peningkatan (pemasukan, red) dikit daripada pertama masuk," ujarnya saat dikonfirmasi GenPI.co Jatim, Selasa (17/5).

Dia mengaku harus memutar otak agar barang dagangannya laku. Zainul juga berjualan melalui platform Whatsapp.

"Jualan gini pasang status langganan pesan ini itu. Cuma langganan aja (yang membeli, red)," ungkapnya.

Dirinya berharap, manajemen Pasar Turi Baru segera menerapkan meningkatkan promosi untuk mendatangkan pembeli.

"Harapannya pengelola ini dikasih promo di luar, harusnya dikasih itu kaya banner (promosi, red) di luar biar ramai," kata pedagang pakaian safety.

Senada, pedagang lainnya Bambang Santoso juga mengeluhkan hal yang sama. Bahkan, dia sampai pernah tak mendapatkan pemasukan sama sekali.

"Sepi, kemarin gak dapat uang kosong. Awal pembukaan sudah sepi. Jarang ada yang laku, kalaupun laku ya dikit-dikit," terangnya.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan Pasar Turi Baru, berjualan di TPS Pasar Turi masih lebih menguntungkan karena pembeli masih banyak.

"Di TPS pembelinya lumayan, kalau di sini sepi," jelas pedagang yang telah berjualan sejak tahun 1965 itu.

Bambang berharap, manajemen bisa secepatnya memberikan solusi untuk mengatasi minimnya pembeli.

"Ya bikin promo atau kalau bisa (pedagang, red) di atas yang sepi juga di tempatkan di bawah sini, supaya ramai," kata Bambang.

Sebagaimana yang diketahui, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap Pasar Turi Baru bisa dipadati masyarakat saat Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1443 H.

"Harapannya Ramadan dan lebaran untuk Surabaya dan satu Indonesia mengetahui bahwa Pasar Turi sudah buka," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu (30/3). (*)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik