Macet Jelang Thanksgiving Los Angeles, Bukan Mudik di Indonesia

Macet Jelang Thanksgiving Los Angeles, Bukan Mudik di Indonesia

Nasional | jawapos | Rabu, 18 Mei 2022 - 05:48
share

INFORMASI palsu seputar mudik dan arus balik masih saja bertebaran di media sosial. Mayoritas informasi itu beredar melalui aplikasi TikTok, lalu disebar ulang ke Facebook. Seperti video kemacetan yang membentuk seperti bendera Merah Putih, yang diklaim berlangsung saat arus balik.

Luar biasa indonesia setelah 2 tahun gk diperboleh mudik..sekali diboleh kan mudik sama pak de merah putih di jalan..arus balik luar biasa, tulis akun Facebook Cut Lia awal Mei lalu.

Video itu juga menyertakan keterangan yang berbunyi: arus balik merah putih. Memang secara tampilan membentuk corak warna bendera Indonesia. Tampilan tersebut diperoleh dari tayangan lampu kendaraan bagian depan dan belakang (bit.ly/ArusMudikBalik).

Video pendek 16 detik itu memang memperlihatkan kondisi lalu lintas yang benar-benar macet. Bahkan dua arah. Tapi terasa aneh jika disebut-sebut terjadi saat arus mudik maupun balik setelah dua tahun tak ada aktivitas tersebut.

Nah, berdasar penelusuran, situs web yandex.com mengarahkan Jawa Pos pada pemberitaan yang jauh sebelum aktivitas Lebaran. Akun Twitter resmi milik ABC News mengunggah video serupa dan sangat identik dengan akun Facebook Cut Lia.

ABC menyebutkan bahwa penampakan kepadatan kendaraan itu terjadi di Los Angeles pada 22 November 2017. Rekaman udara tersebut memperlihatkan situasi perjalanan warga Amerika Serikat saat Thanksgiving.

Rekaman kemacetan yang mengular itu tampak mirip dengan akun sebelumnya. Jelas tidak ada kaitan dengan mudik yang rutin dilakukan saat Lebaran. Anda dapat melihatnya di bit.ly/AcaraLA2017.

Penelusuran lainnya, portal berbahasa Spanyol periodismodelmotor.com mengulas video serupa. Kota Los Angeles dicirikan salah satunya dengan kemacetan lalu lintasnya yang luar biasa. Seperti kemacetan lalu lintas pada Hari Thanksgiving.

Menurut American Automobile Association, lebih dari 50 juta orang Amerika telah melakukan perjalanan pada Hari Thanksgiving. Itu 2 juta lebih banyak dari tahun 2016, di mana angkanya 48 juta. Anda dapat membacanya di bit.ly/ThanksgivingLA2017.

FAKTA

Kemacetan lalu lintas pada video tersebut bukan saat mudik, melainkan saat Thanksgiving di Los Angeles pada November 2017.

#Nasional
Topik Menarik