Satgas Pungli Sebut 323 Bupati/Wali Kota Ditangkap akibat Korupsi

Satgas Pungli Sebut 323 Bupati/Wali Kota Ditangkap akibat Korupsi

Nasional | jawapos | Rabu, 18 Mei 2022 - 05:20
share

JawaPos.com Satuan Tugas Saber Pungli Pusat menyatakan, hingga Mei, tercatat 323 bupati/wali kota di Indonesia telah ditangkap dan ditahan terkait dengan tindak pidana korupsi. Terakhir seminggu lalu, Bupati Bogor Ade Yasin.

Total kepala daerah yang tersandung masalah korupsi menjadi 323 orang, kata Sekretaris Satuan Tugas Saber Pungli Pusat Irjen Pol Agung Makbul seperti dilansir dari Antara , Selasa (17/5) malam.

Agung Makbul menyatakan, pemerintah dan satgas pungli gencar melakukan penegakan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Namun sampai saat ini, masih saja ada kepala daerah yang tersandung kasus hukum akibat tindak pidana korupsi.

Tindak pidana korupsi dan pungutan liar merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, ucap Agung Makbul.

Guna mencegah adanya kepala daerah atau penyelenggara pemerintahan di Tanah Air dari praktik korupsi dan pungutan liar, Satgas Saber Pungli Pusat saat ini, terus berupaya melakukan berbagai edukasi dan sosialisasi. Yakni tentang Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli.

Saber pungli itu pengendali dan penanggung jawabnya Menkopolhukam. Saya hadir ke Aceh Barat untuk memberikan edukasi dan sosialisasi di Aceh Barat, tutur Agung Makbul.

Sosialisasi yang dilakukan tersebut untuk menuju zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) di Kabupaten Aceh Barat. Agung Makbul mengharapkan, dengan sosialisasi tersebut, pelayan publik di daerah itu akan menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Topik Menarik