Gabungkan Niat Puasa Qadha Ramadhan dan Syawal, Sahkah?

Gabungkan Niat Puasa Qadha Ramadhan dan Syawal, Sahkah?

Nasional | republika | Rabu, 18 Mei 2022 - 03:40
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahkah jika seseorang menggabungkan niat puasa qadha Ramadhan dengan puasa sunnah syawal selama enam hari?

Dikutip dari buku Fikih Bulan Syawal oleh Muhammad Abduh Tuasikal, Dalam hal ini dibedakan antara sahnya ibadah dan konsekuensi pahala.

Pertama: Dari sisi sahnya ibadah, siapa yang berpuasa dengan dua niatan, maka puasanya sah. Ia mendapatkan pahala pokok puasa.

Kedua: Dari sisi pahala, ia tidak mendapatkan pahala puasa Syawal (setahun penuh berpuasa) karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyaratkan berpuasa Ramadhan dulu lalu berpuasa Syawal. Dalam madzhab Syafii, menggabungan dua niat ada beberapa bentuk sebagai berikut.

Bentuk pertama: menggabungkan dua niat, yakni niat qadha dan niat puasa enam hari Syawal, maka pahala qadha dan pahala sunnah enam hari Syawal tetap dapat. Demikian ada kesamaan antara pendapat Ar-Ramli dan Al-Haitami.

Bentuk kedua: hanya berniat qadha, sedangkan puasa Syawal diniatkan untuk ditunda setelah qadha, maka pahala yang diperoleh hanya qadha saja, sedangkan pahala puasa enam hari di bulan Syawal tidak didapatkan. Dalam hal ini, Al-Haitami dan Ar-Ramli bersepakat.

Bentuk ketiga: hanya berniat qadha, tetapi tidak berniat puasa Syawal setelah qadha, maka pahala yang diperoleh adalah pahala qadha dan mendapatkan pahala puasa sunnah enam hari Syawal sebagai jaminan (dhamnan). Karena maksudnya adalah menyibukkan diri dengan puasa pada bulan Syawal. Al-Haitami menyatakan untuk bentuk ini, ia hanya mendapatkan pahala qadha sebagaimana yang diniatkan.

Kesimpulannya, siapa yang menginginkan pahala sempurna seperti puasa setahun penuh, hendaklah ia mendahulukan menunaikan qadha puasa dari puasa Syawal. Adapun mengggabungkan niat puasa Syawal dan niat qadha, atau mendahulukan puasa Syawal dari qadha, puasanya sah, tetapi pahala sempurna (puasa setahun penuh) tidaklah diperoleh. Jika ingin mendapatkan pahala puasa setahun penuh, lakukanlah qadha puasa lalu diikuti puasa enam hari di bulan Syawal.

Topik Menarik