Jokowi Izinkan Masyarakat Tak Pakai Masker di Ruang Terbuka

Jokowi Izinkan Masyarakat Tak Pakai Masker di Ruang Terbuka

Nasional | rakyatku | Selasa, 17 Mei 2022 - 18:31
share

RAKYATKU.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat keputusan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker. Hal itu setelah melihat kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia yang tak terkendali

Jokowi menambahkan bahwa masyarakat diperbolehkan tidak memakai masker di luar ruangan dengan tetap membatasi aktivitas.

"Pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022).

Namun, Jokowi tetap menyarankan bagi masyarakat yang melakukan kegiatan di ruangan dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker.

Selain itu bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki komorbiditas, Jokowi juga menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

"Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ujarnya.

Sementara bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan vaksin vaksinasi lengkap, maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen.

Topik Menarik