Loading...
Loading…
Gejala Berat Hepatitis Akut Misterius Muncul dalam Dua Pekan

Gejala Berat Hepatitis Akut Misterius Muncul dalam Dua Pekan

Nasional | republika | Selasa, 17 Mei 2022 - 13:36

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, gejala berat hepatitis akut misterius pada anak di bawah umur 16 tahun umumnya terjadi dalam rentang waktu dua pekan. Penyakit tersebut ditandai dengan hilang kesadaran atau kejang.

"Makanya disebut hepatitis akut berat, karena dalam 14 hari orang yang terkena jadi kejang dan terjadi penurunan kesadaran, kalau hepatitis normal tidak sampai kejang," kata Nadia yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (17/5/2022) siang.

Nadia mengatakan, indikasi itu dipelajari oleh tim peneliti terhadap satu dari tiga pasien anak yang dilaporkan meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda pada akhir April 2022 di RSCM Jakarta. Ia menjelaskan, satu dari tiga kasus meninggal di Jakarta merupakan probable hepatitis akut bergejala berat yang belum diketahui penyebabnya.

Baca Juga :
Taufan Pawe Instruksikan Dinas Kesehatan Pantau Kesehatan Warga Cegah Hepatitis Akut

Nadia menjelaskan klasifikasi hepatitis misterius probable ditandai dengan laporan nonreaktif pada pemeriksaan hepatitis A, B, C, D, dan E maupun virus lainnya, seperti dengue maupun Adenovirus 41.

Original Source

Topik Menarik