Barru Hanya Kebagian Kuota Haji 80 Orang Tahun Ini

Barru Hanya Kebagian Kuota Haji 80 Orang Tahun Ini

Nasional | rakyatku | Selasa, 17 Mei 2022 - 12:37
share

RAKYATKU.COM, BARRU - Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, kebagian kuota pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) 80 orang ditambah cadangan 5 orang pada tahun ini. Jumlah itu berkurang dari kuota seharusnya, yakni 170 orang.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barru, Muh. Basri, mengatakan kuota CJH ditentukan Kemenang pusat. Adanya pengurangan jumlah kuota karena situasi pandemi COVID-19.

Meski demikian, kata dia, ada kesyukuran karena CJH Barru sudah bisa berangkat tahun ini setelah dua tahun tidak ada pemberangkatan jemaah haji Indonesia.

Adapun mereka yang berangkat tahun ini adalah CJH yang telah mengonfirmasi pelunasan pada 2020 lalu.

Kurangnya kuota atau hanya sekitar 48 persen dari jumlah seharusnya, lanjut Basri, Kemenag pusat akan melakukan seleksi nama-nama yang akan berangkat by system.

"Jadi yang akan menentukan rilis nama yang berangkat adalah Kemenag pusat. Bukan dari Kemenang Barru. Itu sesuai petunjuk Kemenang pusat," kata Basri, Selasa (17/5/2022).

Sampai sekarang belum ada jadwal pasti keberangkatan CJH Barru ke tanah suci Makkah. Kata Basri, yang ada saat ini baru roadmap rencana perjalanan haji. (*)

Topik Menarik