Fasilitasi Pembalap- Pembalap dari Daerah

Fasilitasi Pembalap- Pembalap dari Daerah

Nasional | radarjogja | Selasa, 17 Mei 2022 - 12:06
share

RADAR JOGJA Kejuaraan Piala Raja Sprint Rally 2022 seri I sukses digelar di Sirkuit Donokerto, Turi, Sleman, pada 14-15 Mei lalu. Ajang yang digagas Beagle Jogja Rally Team ini diikuti 67 tim dari berbagai wilayah di Indonesia. Kejuaraan ini sekaligus jadi yang pertama di masa pandemi Covid-9.

Beagle Jogja Rally Team merupakan salah satu tim rally asal Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) yang konsisten dalam pengembangan potensi pembalap- pembalap muda. Mereka juga telah banyak menorehkan prestasi di kejuaraan sprint rally tingkat regional maupun nasional.

Dalam kejuaraan yang digelar selama dua hari itu, Bintang Barlean dari tim Pulang Menang menyabet gelar juara umum. Bintang yang turun di kelas J3 dan dinavigatori oleh sang kakak, Tiffiany Barlean mencatatkan waktu 12 menit 29,7 detik. Posisi kedua ditempati H Rachmat/Hade Mboi dikelas M1 dan Deka Wijaya/Doohan Ks (J3) dari tim LFN Sederhana Racing. Keduanya masing-masing mencatat waktu 12 menit 42,7 detik dan 13 menit 42,5 detik.

Sedangkan tempat ketiga kembali diraih tim Pulang Menang yang diwakili Gandewa Dalbo/Deni Danismar dikelas F3 serta Hery Unggul/Arief Ananto (F3) dengan waktu 13 menit 53,1 detik dan 14 menit 6 detik.

Ajang tersebut diikuti cucu Gurbernur DIJ Sultan Hamengku Buwono X Raden MasGustilantika Marrel Suryokusumo. Marrel menjadi pembalap sekaligus salah satu penggagas kejuaraanPiala Raja Sprint Rally Jogja 2022. Kejuaraan ini untuk mewadahi teman-teman pembalap dan atlet di daerah. Karena beberapa event kan tingkatnya nasional, atlet daerah mungkin agak keberatan untuk ke nasional sehingga kami siapin wadah di sini, ujarnya.

Marrel menuturkan, jika wadahnya ada otomatis para pembalap bisa melatih skill mereka dengan baik. Adanya event ini sekaligus untuk mengembangkan dan mendorong industri otomotif. Kalau eventnya ada, pembalapnya ada otomatis industri UMKM yang bergerak di otomotif akan terdampak juga, katanya. Rencananya, kejuaraan tersebut bakal digelardalam tiga sampai empat putaran.

Ketua Penyelenggara Yuda Mahesa mengatakan, event yang bertajuk Nge-Gas Bareng Beagle Jogja itumengusung semangat kebersamaan dan pemberdayaan masyarakat lokal. Dengan konsep sport tourism yang didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Kapanewon Turi, Kalurahan Donokerto dan Kalurahan Wonokerto serta komunitas otomotif sprint rally DIJ. Kejuaraan Sprint Rally Piala Raja 2022 ini tentudapat menciptakan dampak pertumbuhan ekonomi khususnya di masa pandemi Covid -19 ini, paparnya.

Yuda bersyukur kejuaraan rally dapat kembali digelar. Dia juga senang dengan antusiasme peserta di putaran I. Bahkan, ia menyebut jumlah peserta melebihiajang kejuaraan nasional alias Kejurnas. Selain dariDIJ, juga diikuti pereli asal Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatera hingga Sulawesi.Semoga penyelenggaraannyabisa lebih baik lagi di putaran berikutnya, harapnya. (ard/din)

Topik Menarik