Raja Salman Tinggalkan Rumah Sakit Usai Jalani Kolonoskopi

Raja Salman Tinggalkan Rumah Sakit Usai Jalani Kolonoskopi

Nasional | republika | Senin, 16 Mei 2022 - 08:03
share

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Raja Arab Saudi, Salman telah keluar dari rumah sakit pada Ahad (15/5). Raja Salman tampak berjalan perlahan dengan bantuan tongkat setelah menjalani prosedur kolonoskopi di rumag sakit seminggu sebelumnya.

Dalam video singkat, Raja Salman terlihat meninggalkan Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal di kota Jeddah ditemani oleh rombongan pejabat. Termasuk putra mahkota dan gubernur wilayah tersebut, Pangeran Khalid bin Faisal.

Media yang dikelola pemerintah Saudi sebelumnya melaporkan, Raja Salman menjalani perawatan di rumah sakit atas saran dokter. Raja Salman masuk rumah sakit pada Sabtu (7/5) malam waktu setempat. Dia menjalani kolonoskopi pada Ahad (8/5) sore.

Kolonoskopi adalah prosedur pemeriksaan untuk mendeteksi luka, iritasi, polip atau kanker pada usus besar dan rektum, yaitu usus besar yang terhubung ke anus. Raja berusia 86 tahun itu pernah menjalani operasi untuk mengangkat kantong empedunya. Pada Maret, Raja Salman juga telah mengganti baterai pacu jantungnya.

Raja Salman naik takhta pada Januari 2015 setelah kematian saudara tirinya, Raja Abdullah. Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) telah disiapkan untuk menjadi pengganti Raja Salman. Kini, MBS sudah menjalankan urusan negara sehari-hari.

Topik Menarik