Triatlon Indonesia Sumbang Dua Perak dan Tiga Perunggu

Triatlon Indonesia Sumbang Dua Perak dan Tiga Perunggu

Nasional | republika | Minggu, 15 Mei 2022 - 22:39
share

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI Cabang olahraga triatlon pada SEA Games Hanoi, Vietnam telah menyelesaikan seluruh rangkaian perlombaan dan Indonesia membawa pulang dua perak dan tiga perunggu.

Secara keseluruhan terdapat empat medali emas yang diperebutkan selama dua hari lomba di Sunset Bay, Tuan Chau, Sabtu-Ahad (14-15/5) yakni triatlon putra dan putri serta duathlon atau dwilomba putra dan putri.

Dari seluruh nomor tersebut, Indonesia selalu menempatkan atlet di podium. Terakhir yang diperlombakan adalah dwilomba putri, Ahad.

Merah Putih menurunkan Zahra Putri Bulan Aprillia dan membawa pulang perunggu setelah menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 2 jam 14,49 menit.

Dia kalah dari wakil Filipina Marion Kim Mangrobang yang meraih emas usai membukukan waktu 2 jam 13,12 menit. Sementara perak diraih atlet Malaysia Tahira Najmunisaa Muhammad Zaid yang membukukan 2 jam 14,22 menit.

Wakil Indonesia lainnya yang turun pada nomor dwilomba putri Eva Desiana harus puas finis kelima dengan catatan waktu 2 jam 21,32 menit.

Manajer Tim Triatlon Indonesia Dika Chrisna Irzandi mengatakan dua atlet putri yang turun pada lomba hari ini telah berjuang secara maksimal.

"Untuk duathlon putri, walaupun ada kendala kewanitaan pada atlet kami tetapi debut bagi Bulan langsung meraih medali sungguh membanggakan hingga berhasil finis secara tergopoh-gopoh. Taktik kami berjalan lancar dengan Eva sebagai senior mampu membuat lawan salah antisipasi," ujar Dika, Ahad (15/4).

Pada hari yang sama, Indonesia sebelumnya lebih dulu meraih satu perak dan satu perunggu dari nomor duathlon putra. Perak diraih Rudi Febriade yang membukukan 01:56:12 jam. Sementara Jauhari Johan meraih perunggu usai mencatatkan 01:57:36 jam.

Adapun pada nomor triatlon, skuad Merah Putih membawa pulang satu perak melalui atlet putri Inge Prasetyo dan perunggu melalui Ronald Setiawan Bintang pada sektor putra.

Dengan dua perak dan tiga perunggu, Indonesia menempati peringkat ketiga dalam klasemen perolehan medali cabang olahraga triatlon.

Filipina menjadi yang terbaik dengan membawa pulang tiga medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Sementara tuan rumah di posisi kedua dengan satu emas.

Berikut daftar peraih medali pada cabang olahraga triatlon SEA Games Vietnam:

Triatlon - Perorangan putra
Emas: Fernando Jose Casares (Filipina)
Perak: Andrew Kim Remolino (Filipina
Perunggu: Ronald Setiawan Bintang (Indonesia)

Triatlon - Perorangan putri
Emas: Kim Mangrobang (Filipina)
Perak: Inge Prasetyo (Indonesia)
Perunggu: Raven Faith Alcoseba Tan (Filipina)

Duathlon atau Dwilomba - Perorangan putra
Emas: Phm Tien San (Vietnam)
Perak: Rudi Febriade (Indonesia)
Perunggu: Jauhari Johan (Indonesia)

Duathlon atau Dwilomba - Perorangan putri
Emas: Kim Mangrobang (Filipina)
Perak: Tahira Najmunisaa Muhammad Zaid (Malaysia)
Perunggu: Zahra Putri Bulan Aprillia (Indonesia)

Topik Menarik