Rowing Lanjutkan Tradisi Juara Umum

Rowing Lanjutkan Tradisi Juara Umum

Nasional | jawapos | Minggu, 15 Mei 2022 - 14:24
share

JawaPos.com Banjir medali diraih tim Indonesia dalam ajang SEA Games Hanoi kemarin (14/5).

Kontribusi terbesar dipersembahkan cabang olahraga (cabor) dayung nomor rowing. Cabor itu mendapat tambahan 4 medali emas dan 2 perak.

Emas didapat pasangan Ferdiansyah/Denri Maulidzar Al Cibiffari yang turun di nomor mens pair (M2), Ihram di mens lightweight single sculls (LM1X), Jefri Ardianto Suwarno/Rio Riski Darmawan di nomor mens lightweight pair (LM2-), serta Memo/Edwini Ginanjar/Rifqi Harits Taufiqurrahman/Sulpianto yang turun di mens quadruple sculls (M4X).

Sementara itu, dua perak disumbangkan Melani Putri/Mutiara Rahma Putra di nomor lightweight womens double sculls (LW2X) dan Syiva Lisdiana/Yuniarty/AisahNabila/Chelsea Corputty yang turun di nomor lightweight womens quadruple sculls (LW4X).

Tambahan medali tersebut menahbiskan nomor rowing sebagai juara umum dengan total 8 medali emas dan 6 perak. Catatan itu melebihi target tujuh emas yang dicanangkan. Status juara umum membuktikan bahwa rowing Indonesia masih mendominasi Asia Tenggara.

Rowing sukses menjaga status juara umum SEA Games sejak 2013 di Myanmar dengan membawa pulang 5 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Lalu, berlanjut pada SEA Games di Singapura (2015) dengan 8 emas, 6 perak, dan 4 perunggu.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J. Kono memuji untaian prestasi yang dicapai rowing. Selain menjadi penyumbang emas pertama untuk Indonesia, rowing mengakhiri perjalanan di SEA Games dengan luar biasa dengan tampil sebagai juara umum, kata Ferry kemarin.

Cabor lain yang juga sukses meraih medali adalah wushu dengan 1 emas dan 2 perak, senam artistik (1 emas), triatlon (1 perak, 1 perunggu), atletik (1 perak, 1 perunggu), basket (1 perunggu), renang (2 perunggu), serta jujitsu (1 perunggu).

Topik Menarik