Tantowi Yahya Sebut Jokowi Bapak Pembangunan Papua

Tantowi Yahya Sebut Jokowi Bapak Pembangunan Papua

Nasional | sindonews | Minggu, 15 Mei 2022 - 12:55
share

JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus melakukan pembangunan infrastruktur di Papua. Kebijakan tersebut merupakan wujud dari besarnya perhatian Jokowi terhadap Bumi Cenderawasih.

"Semua Presiden Indonesia memperhatikan Papua. Kita wajib apreasi dan hormat. Namun dengan segala kerendahan hati, tidak ada yang sebesar perhatian Presiden Jokowi," ujar mantan Dubes LBBP RI untuk Selandia Baru, Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook dan Nieu periode 2017-2021 Tantowi Yahya, Minggu (15/5/2022).

Tantowi menyebut, Jokowi berkunjung lebih dari 13 kali ke Papua dan menyentuh tangan rakyat Papua, melihat dan merasakan sendiri kondisi dan situasi di sana. Jokowi bukan Presiden yang percaya begitu saja laporan bawahannya, untuk itu dia terkadang nekat menantang bahaya.

"Jokowi adalah bapak pembangunan bagi Papua. Dia membangun lebih dari 3.000 Km jalan dan tol, jembatan, pelabuhan dan bandara dalam rangka menghapus keterisolasian dan memangkas ekonomi berbiaya tinggi. Beliau ingin rakyat Papua menikmati pembangunan sebagaimana halnya rakyat Indonesia di tempat-tempat lain," katanya.

Menurut Jokowi, banyak yang mencibir sikap Jokowi tapi Papua perlu presiden yang programnya kongkret. Karena itulah Jokowi tetap jalan terus. Dalam konteks Papua, prinsip Pak Jokowi "I know better for which I know what to do" Dia mengaku ada kekhawatiran presiden berikut tidak akan mewarisi passion dan perhatian Jokowi terhadap Papua.

"Mudah-mudahan ini hanya sebatas kekhawatiran. Presiden berikut harus mempunyai kecintaan yang sama terhadap Papua, Alhamdullilah jika bisa lebih. Yang saya posting di sini adalah cuplikan pidato besar Presiden Jokowi tentang Papua yang beliau sampaikan di Wellington, 19 Maret 2018 dihadapan lebih dari 1.000 masyarakat Indonesia di Selandia Baru yang hadir dari berbagai penjuru. Sambutan masyarakat begitu antusias dan saya bangga sebagai Dubes RI waktu itu," ucapnya.

Sebagai pencinta Papua, Tantowi berdoa Papua akan terus menjadi perhatian pemerintah di bawah Presiden Indonesia berikutnya. Affirmasi pembangunan di Papua hanya terjadi jika presidennya punya passion terhadap dua provinsi paling timur tersebut. "Papua adalah Indonesia, Indonesia adalah Papua," ucap Tantowi.

Topik Menarik