423 Balita di Bangka Terinfeksi Covid-19 Semasa Pandemi

423 Balita di Bangka Terinfeksi Covid-19 Semasa Pandemi

Nasional | koran-jakarta.com | Minggu, 15 Mei 2022 - 10:44
share

SUNGAILIAT - Jumlah anak berusia di bawah lima tahun atau balita yang selama pandemi terserang Covid-19 di wilayah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, seluruhnya 423 orang menurut data terkini Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Minggu (15/5), mengatakan bahwa Covid-19 juga menyerang bayi selama pandemi, yang meliputi bagian wilayah Indonesia sejak Maret 2020.

"Tercatat ada 55 bayi atau anak usia satu tahun yang diketahui terinfeksi virus korona," katanya.

Ia mengatakan bahwa bayi dan balita umumnya tertular virus korona dari orang tua atau anggota keluarga yang terserang Covid-19.

Menurut dia, bayi dan balita yang terserang Covid-19 sembuh setelah menjalani perawatan kesehatan intensif di rumah sakit rujukan atau fasilitas pelayanan kesehatan.

Menurut data pemerintah daerah, jumlah akumulatif warga yang terserang Covid-19 di Kabupaten Bangka total 12.055 orang, 11.653 orang di antaranya sudah sembuh dan 399 orang lainnya meninggal dunia.

"Pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan kesehatan tersisa tiga orang, masing-masing dari Kecamatan Sungailiat, Merawang, dan Belinyu," kata Boy.

Ia mengatakan bahwa lima wilayah kecamatan lain di Kabupaten Bangka sudah tanpa kasus Covid-19, yakniKecamatan Bakam, Riau Silip, Puding Besar, Mendo Barat, dan Pemali.

"Meskipun kasus penularan virus korona sudah melandai, namun masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker saat keluar rumah," katanya.

Topik Menarik