Loading...
Loading…
Ancaman Klitih, Amankah Main di Jogja Pada Malam Hari?

Ancaman Klitih, Amankah Main di Jogja Pada Malam Hari?

Nasional | jawapos | Minggu, 15 Mei 2022 - 10:24

JawaPos.com Beberapa waktu lalu, Jogjakarta kembali digemparkan dengan maraknya aksi klitih. Klitih sendiri merupakan aksi kejahatan jalanan yang mengincar siapa pun secara acak oleh kelompok tertentu yang tidak dikenali. Para pelaku biasanya beraksi pada jam jelang tengah malam sampai dini hari.

Aksi klitih yang kembali terjadi di Jogja tak perlu waktu lama untuk kemudian viral di jagat maya khususnya di Twitter. Penanganan yang dianggap lamban oleh pihak terkait, dalam hal ini kepolisian, kemudian memunculkan tagar atau topik Jogja Darurat Klitih.

Belum lama ini, Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta juga mengimbau masyarakat untuk tidak keluar larut malam lewat jam 22.00 ke atas. Meski demikian, kepolisian tidak memberlakukan aturan jam malam.

Sedang musim libur mulai dari Idul Fitri pekan lalu, sampai libur panjang tiga hari dalam memperingati Hari Raya Waisak pada Senin (16/5), Jogja kembali kedatangan ribuan wisatawan khususnya dari dalam negeri.

Tak khawatir klitih, sejumlah objek wisata di Jogja pada malam hari tampak tetap diminati pengunjung. Pantauan JawaPos.com pada Jumat (13/5) malam sampai Sabtu (14/5) malam, tampak masyarakat dan wisatawan tak takut keluar malam hari berkeliling Jogja untuk mengisi liburan.

Baca Juga :
#YogyaTidakAman dan #SriSultanYogyaDaruratKlitih Trending di Twitter, Ada Apa?

Mutar dari Ring Road arah Solo menuju Jogja menggunakan sepeda motor pada pukul 23.00 sampai tengah malam, tak tampak adanya gangguan keamanan atau klitih yang ditakutkan masyarakat. Ruas-ruas jalan di daerah Bantul yang belum lama ini terjadi klitih juga demikian, tetap ramai pada malam sampai dini hari.

Di kawasan sekitar Tugu, Stasiun Yogyakarta, titik nol dan sekitar Benteng Vredeburg, area ini tak sepi wisatawan hingga pagi dini hari menjelang. Kevin, wisatawan dari Jakarta mengaku tak takut dengan teror klitih yang lagi ramai di Jogja.

Nggak takut, mas. Ini kan ramai-ramai sama teman. Lagi juga kan kita tujuannya baik, mau wisata saja, nggak cari musuh. Mudah-mudahan aman, katanya saat dijumpai JawaPos.com.

Geser ke arah Malioboro, area ini malah tampak tidak tidur. Terus dipadati pengunjung sampai pagi menjelang. Dari depan hotel Grand Inna sampai Pasar Beringharjo, kawasan ini tak sepi wisatawan pada malam sampai dini hari.

Main saja mas. Sama kawan-kawan ini dari Sleman. Insya Allah aman. Lha, wong kita nggak cari masalah kok, kata pengunjung kawasan Malioboro lainnya bernama Damar.

Baca Juga :
Rawan Aksi Klitih, Cek Keberadaan Anak Anda jika Sudah Lewat Pukul 22.00

Beberapa titik lainnya juga terpantau ramai pada malam sampai pagi datang. Tampak juga beberapa pos polisi masih siaga menjaga para wisatawan. Jadi, buat kamu yang masih memilih Jogja sebagai destinasi wisata untuk mengisi liburan, silakan datang. Jogja aman.

Original Source

Topik Menarik