Loading...
Loading…
Video Jokowi Seolah Dicueki Jo Biden Viral, Rizal Ramli: Kalo NgertiGeopolitik, PastiNdakDicuekin kaya Gini

Video Jokowi Seolah Dicueki Jo Biden Viral, Rizal Ramli: Kalo NgertiGeopolitik, PastiNdakDicuekin kaya Gini

Nasional | radartegal | Minggu, 15 Mei 2022 - 09:30

Usai kedatangannya tidak disambut seorang pun saat mendarat di Amerika Serikat,kini video Presiden Joko Widodo (Jokowi) seolah dicuekin Presiden AS Joe Biden beredar dan memicu perdebatan.

Presiden Jokowi sendiri ke AS untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Amerika Serikat (AS). Sontak beredar luasnya tayangan video itupun langsung kembali disoroti publik.

Video ini memperlihatkan saat Presiden Joko Widodo berfoto bersama Joe Biden dan para pemimpin ASEAN lainnya. Setelah sesi foto berakhir, tampak Presiden Joe Biden yang berada di sebelah kanan Jokowi memalingkan badan dan langsung menghampiri Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Sementara Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang berada di sebelah kiri Jokowi juga memalingkan badan untuk mengambil jalur turun dari podium.

Sedang Jokowi terlihat memutar badannya ke kanan, lalu setelah mendapati Joe Biden sedang menyapa pemimpin negara lain, Jokowi melanjutkan putaran badannya dan kemudian mengikuti PM Lee turun podium dari sisi berlawanan dengan Joe Biden.

Tokoh senior DR. Rizal Ramli turut bereaksi melihat pemandangan ini. Menurutnya, situasi itu tidak akan terjadi jika presiden Indonesia adalah sosok yang pandai membaca geopolitik dunia.

Baca Juga :
Joe Biden Dan Rizal Ramli Tentang Naikan Pajak Untuk Penguasa Kaya

Ngeledek kok gini? Klo Presiden RI canggih dan ngerti geopolitik, mampu perjuangkan prinsip-prinsip non-blok, pasti ndak dicuekin kaya gini, ujarnya lewat akun Twitter pribadi, Sabtu (14/5). Rizal Ramli turut mengunggah foto yang seolah menunjukkan Jokowi sedang "dicuekin" oleh Joe Biden.

Terakhir, Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu mengaku miris dengan kejadian tersebut. Sebab, pemimpin Indonesia seolah dibuat nelangsa di pertemuan internasional.

Kok nelongso, tutup pria yang akrab disapa RR itu. (rmol/zul)

Original Source

Topik Menarik