Menkes se-ASEAN Sepakat Dirikan Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Penyakit Menular

Menkes se-ASEAN Sepakat Dirikan Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Penyakit Menular

Nasional | inewsid | Minggu, 15 Mei 2022 - 08:11
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan se-ASEAN sepakat membentuk Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Penyakit Menular ASEAN atau ASEAN Center for Public Health Emergencies and Emerging Diseases (ACPHEED). Hal itu disampaikan Menkes Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

"Kita setuju untuk membentuk ACPHEED. Intinya adalah pusat kerja sama ASEAN untuk menghadapi potensi adanya outbreak pandemi ke depannya," kata Menkes dalam keterangan Minggu (15/5/2022).

Menurut Budi, ada sejumlah pilar untuk membentuk ACPHEED di antaranya pilar surveillance, deteksi, dan respons. Ada juga pilar manajemen risiko.

Adapun 3 negara yang sudah memberikan komitmen untuk masing-masing pilar tersebut adalah Vietnam, Thailand dan Indonesia. Menurut Budi, 3 negara ini akan bekerja sama mempersiapkan segalanya apabila ada potensi outbreak.

ACPHEED juga akan mengintegrasikan protokol kesehatan yang ada di negara-negara anggota ASEAN. "Itu nanti kita sinergikan," ujar Budi.

Menkes menjelaskan, ACPHEED berlaku secara ASEAN tapi kompetensi utamanya ada di 3 negara yakni Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Pasalnya, 3 negara tersebut yang mengajukan bahwa mereka mau memiliki kantor di Indonesia untuk salah satu dari kompetensi baik surveillance, deteksi, atau respons.

Topik Menarik