Loading...
Loading…
Program Jagoan Tani Usung Konsep Beda, Peserta Wajib Tahu

Program Jagoan Tani Usung Konsep Beda, Peserta Wajib Tahu

Nasional | genpi.co | Minggu, 15 Mei 2022 - 06:30

GenPI.co Jatim - Program jagoan tani yang diluncurkan Pemkab Banyuwangi mengusung konsep berbeda pada 2022, peserta wajib tahu.

Plt Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Muhamad Khoiri menjelaskan, pada 2022 program jagoan tani fokus pada kategori rintisan usaha.

Program baru jagoan tani itu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang melombakan dua kategori, ide bisnis dan ritisan usaha.

"Ini dimaksudkan untuk lebih memacu generasi muda pada sisi praktik usahanya," kata Khoiri.

Selain mengusung konsep yang berbeda, program jagoan tani 2022 juga mensyaratkan adanya keterlibatan perempuan dalam setiap tim peserta, yakni minimal 40 persen anggota tim.

"Ini sebagai upaya mendorong peran kaum perempuan milenial dalam sektor pertanian," tuturnya.

Lebih lanjut Khoiri mengatakan, program jagoan tani 2022 telah memasuki tahapan verifikasi lapang yang akan berlangsung hingga 15 Mei mendatang.

Sebanyak 2-3 tim yang mendaftar, sudah tersaring 152 tim berhak mengikuti tahapan tersebut.

Adapun aspek yang diverifikasi meliputi, eksisting usaha/peserta, inovasi atau kebaruan, keberlanjutan usaha, dan sentuhan teknologinya.

Baca Juga :
Antusiasme Pemuda Banyuwangi Geluti Pertanian Cukup Tinggi

"Dari tahapan ini akan dipilih 100 tim terbaik yang akan mengikuti mentoring pada 23-26 Mei. Selanjutnya akan dikerucutkan lagi menjadi 30 besar untuk melakukan presentasi bisnis di hadapan para juri secara langsung pada 8-9 Juni. Diakhiri tahap graduation pada 16 Juni 2022," paparnya.

Bupati Ipuk menambahkan, konsep Jagoan Tani semakin terintegrasi karena juga ada fase presentasi ke perbankan.

"Saya inginnya bukan hanya perbankan, tapi juga ada pengusaha, ada investor, yang bisa melihat bagaimana anak-anak muda ini presentasi soal dunia pertanian, sehingga nanti bisa dibiayai," katanya. (ant)

Simak video berikut ini:

Original Source

Topik Menarik