Hujan Deras, Banjir Landa 3 Kecamatan di Aceh Tenggara

Hujan Deras, Banjir Landa 3 Kecamatan di Aceh Tenggara

Nasional | okezone | Minggu, 15 Mei 2022 - 05:21
share

BANDA ACEH - Sebanyak 8 gampong (desa) di 3 kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, terendam banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah setempat, menurut Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

"Kondisi saat ini air masih menggenangi pemukiman penduduk," ujar Kepala Pelaksana BPBA Ilyas melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) di Banda Aceh, Minggu (15/5/2022) dini hari, melansir Antara.

Ilyas mengatakan, banjir akibat curah hujan tinggi tersebut terjadi pada Sabtu (14/5) sekitar pukul 21.31 WIB.

Daerah yang terdampak meliputi Gampong Lawe Hijo, Gampong Kuning 1, Gampong Kuning 2 dan Gampong Pinding di Kecamatan Bambel.

Selanjutnya banjir melanda Gampong Pasir Puntung, Kecamatan Semadam, Gampong Lawe Loning Kecamatan Babul Makmur serta Gampong Lawe Dua dan Gampong Sebudi Jaya Kecamatan Bukit Tusam.

Ilyas menyebutkan, curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Tenggara sehingga menyebabkan debit air sungai Lawe Kinga bertambah.

"Sehingga menyebabkan jebol tanggul sungai Lawe Kinga dan sungai Lawe Pasar Puntung yang mengakibatkan banjir ke pemukiman warga dan jalan nasional," kata Ilyas

Topik Menarik