Unik, Persib Lakukan Tes Psikologi pada Pemain

Unik, Persib Lakukan Tes Psikologi pada Pemain

Nasional | republika | Sabtu, 14 Mei 2022 - 18:43
share

BANDUNG -- Persib Bandung menjalani serangkaian tes sebelum melakukan latihan perdana. Tidak hanya tes medis, Persib pun melakukan tes psikologis bagi para pemainnya.

Pemain baru seperti Fitrul Dwi Rustapa, Eriyanto dan Arsan Makarin turut hadir dalam tes psikologi yang dilaksanakan pada Jumat (13/5/2022). Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menyebut tes ini berguna untuk melihat kesiapan mental pemain.

"Kami menggelar tes untuk melihat kesiapan mental pemain. Sebenarnya ini hal yang biasa dilakukan klub-klub di Eropa. Kami baru memulainya kali ini untuk melihat secara jelas kesiapan mentap setiap pemain," kata Robert dari laman Persib.

Meski jadi kali pertama dilakukan, Robert menyebut bukan hal yang terlambat bagi Persib. Di klub Eropa pun, lanjut Robert, tim didampingi oleh psikolog untuk membantu sisi mentalitas pemain.

"Seluruh klub memiliki psikolog olahraga yang bekerja untuk tim, lalu mengkategorikan pemain berdasarkan perilaku masing-masing. Mereka juga memperbaiki sejumlah hal (yang berhubungan dengan psikologi pemain)," kata Robert.

Topik Menarik