Loading...
Loading…
Serangan Ruhut Sitompul ke Anies Baswedan, Nomor 4 Dianggap Langgar ITE

Serangan Ruhut Sitompul ke Anies Baswedan, Nomor 4 Dianggap Langgar ITE

Powered by sindonews
Nasional | Sindonews | Sabtu, 14 Mei 2022 - 09:15

JAKARTA - Postingan Ruhut Sitompul di akun Twitternya soal foto editan Anies Baswedan berpakaian adat suku Dani Papua dengan koteka memantik kemarahan sebagian besar netizen. Nah, serangan Ruhut Sitompul terhadap Anies Baswedan itu bukan kali pertama.

Praktisi Telematika yang merupakan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo pun mengakui banyak serangan Ruhut Sitompul terhadap Anies Baswedan di Twitter. "Semua bukti rekam jejak digitalnya ada," kata Roy Suryo kepada SINDOnews , Jumat (13/5/2022).

Berikut sejumlah serangan Ruhut Sitompul terhadap Anies Baswedan di akun Twitter @ruhutsitompul berdasarkan catatan Roy Suryo:

1. Posting demo umat Islam

Pada Minggu 8 Mei 2022, Ruhut Sitompul mengunggah video demonstrasi besar-besaran umat Islam di Jakarta yang dikaitkan dengan kemenangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017. Dalam video tersebut, ada demonstran yang menyebut aksi bela Islam. "Terlalu banyak dosa Gabenar kalau mau di B o n g k a k a r MERDEKA," cuit Ruhut Sitompul.

2. Posting meme rombongan Moge

Meme ini di-posting pada Senin 9 Mei 2022. Dalam postingan itu, beberapa perempuan mengenakan kaos yang diedit dengan tulisan "Haram Dukung Anies Baswedan" sedang dibonceng rombongan motor gede (moge). "Ngeri kali kata Anak Medan ini sich ngeri2 sedaaaaaaap, hey kalian tolong ya Pilpres masih 2 1/2 tahun lagi mohon sabar ya duduk diboncengan masing2 pasti nanti Indah pada Waktunya MERDEKA," cuit Ruhut Sitompul dengan postingan itu.

Baca Juga :
Polisi Gercep Tangani Kasus Nasi Padang Babi, Mega Nyindir: Apa Babi Lebih Penting dari Ruhut Sitompul?

Baca: Ruhut Posting Foto Anies Baswedan dengan Koteka, Roy Suryo: Lagi-Lagi Ini Hoaks

3. Posting pernyataan Anies Baswedan siap tindak intoleran

Pada Selasa 10 Mei 2022, Ruhut Sitompul mengunggah tangkapan layar sebuah berita media daring tentang pernyataan Anies Baswedan yang siap menindak keras manusia intoleran jika menjadi presiden. "Memercik air didulang terpercik muka sendiri, ingat Pilkada menjadikan Gabenar semua Rakyat Indonesia tercinta ta'u dan juga dunia kemenangannya karena SARA Fitnah Ujaran kebencian Teror nggak ada malunya dan tidak pernah ada rasa malu bukan Indonesia Asli sih MERDEKA," cuit Ruhut Sitompul.

4. Posting foto editan Anies Baswedan berpakaian adat suku Dani Papua

Foto editan Anies Baswedan berpakaian adat suku Dani Papua dengan koteka itu diunggah Ruhut Sitompul pada Rabu 11 Mei 2022. "Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh," cuit Ruhut Sitompul.

Baca Juga :
Ruhut Sitompul Sentil Refly Harun Sampai Membandingkan dengan Pengamat Luar Negeri!

Tanda pagar (tagar) #RuhutLanggarUUITE sempat menjadi trending topic di Twitter sebagai buntut dari postingan Ruhut Sitompul itu. Setelah itu, tagar tangkap Ruhut Sitompul juga menjadi trending topic di Twitter.

Pria yang pernah berperan sebagai Poltak Raja Minyak dari Medan di sinetron Gerhana itu pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan. Laporan itu telah terdaftar dengan nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022.

Adapun pasal yang dipersangkakan dalam laporan itu adalah Pasal 28 ayat (2) junto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ketua Umum Ormas Brigade 08 Zecky Alatas juga mengaku akan melaporkan Ruhut Sitompul ke kepolisian.

Diberitakan SINDOnews sebelumnya, Ruhut Sitompul menyangkal membuat hoaks melalui postingannya tersebut. Ruhut menjelaskan bahwa bukan dirinya yang membuat foto editan soal Anies Baswedan berpakaian adat Papua lengkap dengan koteka.

Baca: Mau Dilaporkan ke Polisi soal Foto Anies Pakai Koteka, Ruhut: Enggak Apa-Apa Bos

"Jadi aku mau bilang di Twitter aku masuk gambar kek gitu, aku jadi ingat, bagaimana selama ini termasuk kalian media. Pertama, dia (Anies Baswedan, red) keturunan dari Timur Tengah, Yaman, betul enggak bos?" kata Ruhut Sitompul dihubungi SINDOnews, Kamis (12/5/2022).

Kemudian, Ruhut mengingatkan bahwa Anies Baswedan pernah mengaku sebagai orang Jawa dan Yogyakarta tulen. Lalu, kata Ruhut, ada netizen yang membuat foto Anies Baswedan berpakaian adat Papua lengkap dengan koteka.

Ruhut pun merasa cuitannya terkait postingan foto Anies Baswedan itu positif. "Aku kan bagus kata-katanya, kata orang Betawi namanya usahe, ya namanya usaha mau calon presiden, mau dia bilang dia adalah suku yang ada di Indonesia ini semua biarin aja, nanti kan kembali gimana rakyat memilih," kata Ruhut Sitompul yang pernah berperan sebagai Poltak Raja Minyak dari Medan di sinetron Gerhana ini.

Dia pun tak ambil pusing mengenai tanda pagar (tagar) #RuhutLanggarUUITE yang menjadi trending topic di Twitter sebagai buntut dari postingannya itu. "Tapi ya itu gambar bukan aku yang bikin, bukan aku yang hoaks," pungkasnya.

Baca Juga :
Omongan Lawas Sebut RI Bakal Hancur Dipimpin Jokowi Diungkit, Ruhut Disarankan Alih Profesi Dukun

Original Source

Topik Menarik

{
{