Preview Final Piala FA Chelsea Vs Liverpool: Ajang Balas Dendam

Preview Final Piala FA Chelsea Vs Liverpool: Ajang Balas Dendam

Nasional | republika | Sabtu, 14 Mei 2022 - 04:31
share

Laga final Piala FA antara Chelsea vs Liverpool diperkirakan berlangsung sengit di Stadion Wembley, Sabtu (14/5/2022) malam WIB nanti. Kedua tim sama-sama mengusung misi balas dendam.

Bagi Chelsea, laga malam ini kesempatan membalas kekalahan dramatis melawan Liverpool di final Carabao Cup, Februari 2022 lalu. Masih segar dalam ingatan, The Blues gagal juara usai tumbang melalui adu penalti (10-11).

Dalam laga berlangsung mendebarkan, mereka sebelumnya hanya mampu bermain imbang tanpa gol dalam waktu normal dan dua kali babak tambahan.

Masuk ke babak tos-tosan, kedua kesebelasan juga mempertontonkan aksi tak kalah menegangkan. Sampai tendangan ke-10, baik Chelsea maupun Liverpool sama-sama sukses menyarangkan gol.

Hingga akhirnya, pada tendangan ke-11, giliran kedua kiper maju sebagai algojo.

Kiper pelapis The Reds Caoimhin Kelleher mendapat kesempatan pertama menenendang. Ia sukses memasukan bola dengan sepakan kencang.

Namun, kiper muda Chelsea Kepa Arizzabalaga sebaliknya. Kepa, yang masuk menggantikan Edouard Mendy pada babak penalti, gagal memasukan bola, melambungkannya tinggi ke atas gawang.

Kegagalan tersebut sontak membuat The Blues harus rela menyerahkan gelar juara pada Liverpool.

Baca: Jurgen Klopp: Liverpool Beruntung Kalahkan Chelsea di Carabao Cup

Tuchel berharap kekalahkan menyakitkan tersebut dapat memotivasi para pemainnya untuk memenangkan laga malam nanti. Gelandang tengah Ruben Loftus-Cheek pun mengamini itu.

"Kami ingin membalas mereka, sesimple itu," ungkap Ruben dikutip BBC Sport , Jumat (13/5/2022).

Dendam Liverpool di final Piala FA 2012

Lain The Blues, lain lagi The Reds. Bagi Liverpool, ajang malam ini merupakan balas dendam atas kekalahan di final Piala FA sepuluh tahun silam. The Reds pernah dikalahkan Chelsea di ajang final Mei 2012 dengan skor 1-2.

Saat itu Liverpool masih dilatih oleh Sir Kenny Dalglish. Steven Gerrard dipercaya sebagai kaptennya. The Reds kebobolan dua gol lebih dahulu melalui Ramires pada menit 11\' dan Drogba pada menit 52\'.

Liverpool yang saat itu masih diperkuat striker Luis Suarez, mampu membalas satu gol lewat pemain pengganti Andy Carroll pada menit 64\'. Carroll nyaris membuat pertandingan imbang pada menit 82, namun bolanya dinilai tidak melewati garis gawang. Hingga laga berakhir, skor bertahan, Chelsea pun resmi menjadi pemenang.

Musim 2011/2012 merupakan kali terakhir the Reds menembus final Piala FA. Kini, mereka akhirnya mendapat peluang sama, dan bertemu dengan musuh sama.

Bagi pelatih Liverpool Jurgen Klopp, ini merupakan kali pertama dia menembus final Piala FA. Ia pun berharap bisa memenangkannya.

"Saya tidak pernah memenangkan Piala FA sebelumnya dan sebagian besar para pemain saya juga tidak," kata Klopp jelang laga, dilansir Sky Sport, Jumat (13/5/2022).

"Kami sangat menanti peluang ini. Anak-anak telah bekerja keras untuk sampai di sini dengan berbagai tantangan. Ini final luar biasa bagi kami dan senang bisa menjadi bagian di dalamnya.

Siapa bakal sukses melancarkan balas dendam?

Jadwal dan siaran langsung final Piala FA 2021/2022

- Chelsea vs Liverpool

- Wembley Stadium

- Sabtu, 14 Mei 2022

- Pukul 22.45 WIB

- Siaran langsung di beIN Sports (Vidio.com)

Selebrasi 150 tahun Piala FA

Untuk menandai 150 tahun gelaran Piala FA, sejumlah pemain ikonik dalam turnamen ini bakal menjadi tamu kehormatan.

Legenda Chelsea Gianfranco Zola, pemenang dua kali Piala FA Cup, ada di antaranya. Cucu dari manajer legendaris Liverpool Bill Shankly juga.

Sejumlah selebrasi memperingati 16 dekade Piala FA rencananya digelar khusus di Wembley malam nanti.

Sumber: Sky Sports dan berbagai sumber lain

- Liverpool, MU, Man City, Hingga Chelsea Ucapkan Selamat Idul Fitri

- Agen Sadio Mane Temui Bayern Munchen, Bahas Kemungkinan Hijrah dari Liverpool

- Bagaimana Nasib Chelsea Setelah Dibekukan? Ini 7 Dampaknya

- Tuchel Pastikan Tinggal Meski Chelsea Dijual

- Pelatih Aston Villa: Liverpool Tim Terbaik Dunia Saat Ini

- Liverpool Atau Manchester City? Siapa Bakal Terpeleset?

- Liverpool Vs Real Madrid di Final, Klopp: Kayaknya Takdir

Topik Menarik