Salut, Desa Binaan Astra Raih Penghargaan Level ASEAN

Salut, Desa Binaan Astra Raih Penghargaan Level ASEAN

Nasional | wartaekonomi | Jum'at, 13 Mei 2022 - 23:28
share

Wisata Andeman Boonpring, terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mendapat penghargaan The 5th ASEAN Rural Development and Property Eradication (RDPE) Leadership Award yang diberikan secara daring, Kamis (12/5/2022). Dikelola BUMDes Kerto Raharjo, lokasi wisata ini juga bagian desa binaan PT Astra Internasional Tbk, dalam program Desa Sejahtera Astra (DSA).

Prestasi ini menambah penghargaan diraih Desa Sanankerto, setelah terakhir mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia. Sekaligus menandakan bahwa lokasi desa wisata milik Kabupaten Malang telah dikenal dunia.

Head of Environment Responsibility Astra and Social, Diah Suran Febrianti, menyebut pihaknya bersyukur atas penghargaan tingkat Asean ini. Hal ini sekaligus menjadi motivasi untuk semakin berinovasi ke depan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih untuk kesempatan yang diberikan kepada Astra sehingga kami terpilih menjadi penerima penghargaan ini, yang akan menjadi motivasi kami untuk selalu berinovasi dalam upaya melakukan percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Indonesia dalam tujuan pengentasan kemiskinan di Indonesia," kata Diah dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Diah juga berharap, penghargaan ini menjadi semangat kepada seluruh penggiat Desa untuk selalu menjaga kesehatan dalam berkarya membangun Indonesia bersama Astra. Terlebih, dari 930 Desa Sejahtera Astra, 151 di antaranya terletak di Jawa Timur dan 21 Desa Sejahtera Astra serta 2 Kampung Berseri Astra berada di Malang.

Dari Program Desa Sejahtera Astra ini pula, sampai tahun 2022, terdapat 207 DSA yang berhasil memasarkan 87 jenis produk unggulannya. Bahkan mampu menembus pasar ekspor dengan total nilai transaksi Rp10,07 Miliar.

Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan Kemendes dan PDTT, Sugito, mengungkapkan bahwa Boonpring merupakan salah satu dari tiga jagoan di Jawa Timur, yang kini dilirik tingkat Asean. Untuk itu, pihaknya akan mendorong pembangunan Desa Sanankerto menjadi tempat belajar dan diplomasi dengan luar negeri.

"Boonpring ini levelnya sudah di ASEAN dan kami berharap pula kelasnya juga dinaikkan, jelas Sugito.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Malang M Sanusi, menegaskan penghargaan ini tentu menjadi pemicu untuk menjadikan desa wisata Boonpring semakin naik kelas. Adapun upaya yang akan dilakukan, yakni menghadirkan kelengkapan sarana penunjang.

Desa Sanankerto dengan Boonpring, ini sudah masuk di kelas ASEAN dan dari Kementerian diyakini bisa naik ke level Asia dan kemudian bisa menembus level dunia dengan juga menyandang predikat sebagai BUMDes terbaik di Indonesia," kata Sanusi menerangkan.

Topik Menarik