Loading...
Loading…
Antisipasi Wabah PMK, Polisi dan Disnak Pringsewu Datangi Peternak Sapi

Antisipasi Wabah PMK, Polisi dan Disnak Pringsewu Datangi Peternak Sapi

Nasional | lampung.rilis.id | Jumat, 13 Mei 2022 - 21:35

Mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Satgas Pangan Polres Pringsewu bersama Dinas Peternakan (Disnak) turun untuk melakukan pemeriksaan.

Kabag Ops Polres Pringsewu, Kompol Martono, menjelaskan PMK atau Foot and Mouth Disease (FMD) sempat merebak di Jawa timur dan beberapa wilayah lain.

Karenanya agar wabah PMK tidak masuk Pringsewu, salah satu langkah antisipasi adalah langsung terjun bersama petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan).

"Kita lakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak masyarakat, terutama sapi," jelasnya mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (13/5/22) siang.

Beberapa wilayah seperti Pagelaran, Gadingrejo, dan Sukoharjo, telah dijelajahi dan belum ditemukan hewan ternak yang terkonfirmasi menderita PMK.

"Hari ini, kami melakukan monitoring dan memeriksa sejumlah sample. Alhamdulillah belum ditemukan dan semoga tidak ada," harap Martono.

Meski belum terdeteksi, kata Martono pihaknya terus aktif melakukan pengawasan dan mitigasi dengan menerjunkan personel Bhabinkamtibmas untuk memantau hewan ternak di wilayah binaannya.

Baca Juga :
Imbas Persebaran PMK yang Masif, Stok Sapi Berpotensi Menurun

Selain itu, juga memberikan imbauan kepada pemilik peternakan dan masyarakat yang memelihara hewan ternak untuk ikut aktif memantau.

"Kami minta masyarakat dan pemilik peternakan untuk segera melapor apabila ada hewan peliharaannya yang sakit atau diduga menderita PMK," imbaunya. (*)

Original Source

Topik Menarik