PAN: Belum Ada Pembicaraan Capres-Cawapres Koalisi Indonesia Bersatu

PAN: Belum Ada Pembicaraan Capres-Cawapres Koalisi Indonesia Bersatu

Nasional | jawapos | Jum'at, 13 Mei 2022 - 19:48
share

JawaPos.com Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menegaskan, belum ada pembicaraan terkait Capres-Cawapres yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu, bentukan PAN, Golkar, dan PPP. Koalisi yang terbentuk, saat ini lebih pada koalisi gagasan untuk Indonesia yang lebih baik ke depannya.

Belum dibicarakan siapa capres dan cawapres. Ini masih koalisi gagasan dan pikiran untuk kemajuan bangsa ke depan. Belum menentukan figur dan sosok, kata Saleh kepada wartawan, Jumat (13/5).

PAN, kata Saleh, tidak masalah jika Partai Golkar ingin mengajukan nama Ketumnya Airlangga Hartarto sebagai capres di Pilpres 2024. Dia memastikan, PAN menghormati keputusan internal Golkar.

Jika Golkar mengajukan nama Airlangga, tentu akan kita hormati. Namun, pembicaraan soal pasangan capres/cawapres lintas fraksi masih belum ada, tegas Saleh.

Menurut Saleh, PAN juga memiliki banyak kader yang mumpuni untuk didorong jadi pemimpin nasional termasuk menjadi capres dan cawapres. Namun, kata Saleh, PAN masih fokus urusan konsolidasi internal dalam rangka persiapan pemilu.

Soal siapa yang akan kami dorong, masih cukup banyak waktu untuk mendiskusikan, mengkaji, dan membahasnya, ungkapnya.

Saleh mengungkapkan, Koalisi Indonesia Bersatu masih membuka diri terhadap partai lain yang ingin bergabung. Apalagi, waktu menuju pemungutan suara 14 Februari 2024 dan pendaftaran pasangan capres-cawapres masih jauh, Agustus 2023.

Partai-partai yang memiliki visi dan arah pemikiran yang sama tentu dapat bergabung. Yang jelas, masih panjang perjalanan dan lintasan yang akan dilalui bersama hingga ke pemilu nanti, tandas Saleh.

Sebelumnya, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan silaturahmi dan pertemuan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5) kemarin. Pertemuan tersebut menyepakati bahwa ketiga partai ini berkoalisi dan kerja sama di Pemilu 2024 dengan nama koalisi Bertiga-Bersatu.

Jadi, pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tumbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT, ujar Airlangga di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5) malam.

Topik Menarik