Para Astronom Mengungkapkan Gambar Pertama Lubang Hitam di Pusat Bima Sakti

Para Astronom Mengungkapkan Gambar Pertama Lubang Hitam di Pusat Bima Sakti

Nasional | riau24.com | Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:47
share

RIAU24.COM- Sebuah tim astronom internasional pada hari Kamis meluncurkan gambar pertama lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti kita, sebuah benda kosmik yang dikenal sebagai Sagitarius A*.

Para astronom percaya bahwa hampir semua galaksi, termasuk galaksi kita, memiliki lubang hitam raksasa di pusatnya, di mana cahaya dan materi tidak dapat melarikan diri, sehingga sangat sulit untuk mendapatkan gambarnya.Cahaya dibengkokkan secara kacau dan dipelintir oleh gravitasi saat tersedot ke dalam jurang bersama dengan gas dan debu yang sangat panas.

Gambar, yang diproduksi oleh tim ilmuwan global yang dikenal sebagai Kolaborasi Event Horizon Telescope (EHT), adalah konfirmasi visual langsung pertama dari keberadaan objek tak terlihat ini, dan muncul tiga tahun setelah gambar pertama lubang hitam dari galaksi yang jauh. Gambar tersebut tidak menggambarkan lubang hitam itu sendiri, karena itu benar-benar gelap, tetapi gas bercahaya yang mengelilingi fenomena tersebut, yang empat juta kali lebih besar dari Matahari, dalam cincin terang yang memantulkan cahaya.

Pengamatan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini telah sangat meningkatkan pemahaman kita tentang apa yang terjadi di pusat galaksi kita, kata ilmuwan proyek EHT Geoffrey Bower, dari Academia Sinica Taiwan.

zxc1

Bower juga mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diberikan oleh Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis (CNRS) bahwa pengamatan tersebut telah menawarkan wawasan baru tentang bagaimana lubang hitam raksasa ini berinteraksi dengan lingkungan mereka.

Hasilnya dipublikasikan di The Astrophysical Journal Letters. Feryal Ozel dari Universitas Arizona menyebut lubang hitam "raksasa lembut di pusat galaksi kita" saat mengumumkan gambar baru.

Sagitarius A*, disingkat Sgr A*, yang diucapkan "sadge-ay-star", berutang namanya untuk deteksi ke arah konstelasi Sagitarius. Keberadaannya telah diasumsikan sejak 1974, dengan deteksi sumber radio yang tidak biasa di pusat galaksi.

Pada 1990-an, para astronom memetakan orbit bintang paling terang di dekat pusat Bima Sakti, mengkonfirmasi keberadaan objek kompak supermasif di sana, pekerjaan yang menghasilkan Hadiah Nobel Fisika 2020. Meskipun keberadaan lubang hitam dianggap sebagai satu-satunya penjelasan yang masuk akal, gambar baru ini memberikan bukti visual langsung pertama.Karena jaraknya 27.000 tahun cahaya dari Bumi, ia tampak berukuran sama di langit seperti donat di Bulan.

Menangkap gambar dari objek yang begitu jauh diperlukan menghubungkan delapan observatorium radio raksasa di seluruh planet untuk membentuk satu teleskop virtual "seukuran Bumi" yang disebut EHT.

Ini termasuk teleskop Institute for Millimeter Radio Astronomy (IRAM) 30 meter (98,4 kaki) di Spanyol, antena tunggal paling sensitif dalam jaringan EHT.

EHT menatap Sgr A* di beberapa malam selama berjam-jam berturut-turut, mirip dengan fotografi long-exposure. Grup tersebut menggunakan proses yang sama ketika merilis gambar pertama lubang hitam pada 2019. Gambar itu berasal dari galaksi yang berjarak 53 juta tahun cahaya dan disebut M87* karena berada di galaksi Messier 87. Lubang hitam Bima Sakti jauh lebih dekat, sekitar 27.000 tahun cahaya.Satu tahun cahaya adalah 5,9 triliun mil (9,5 triliun kilometer).

zxc2

Kedua lubang hitam memiliki kemiripan yang mencolok, meskipun faktanya Sgr A* 2.000 kali lebih kecil dari M87*.

Di dekat tepi lubang hitam ini, mereka terlihat sangat mirip, kata Sera Markoff, ketua bersama Dewan Sains EHT, dan seorang profesor di Universitas Amsterdam.

Keduanya berperilaku seperti yang diprediksi oleh teori relativitas umum 1915 Einstein, yang menyatakan bahwa gaya gravitasi dihasilkan dari kelengkungan ruang dan waktu, dan objek kosmik mengubah geometri ini. Terlepas dari kenyataan bahwa Sgr A* jauh lebih dekat dengan kita, pencitraan itu menghadirkan tantangan yang unik.

Gas di sekitar kedua lubang hitam bergerak dengan kecepatan yang sama, mendekati kecepatan cahaya.Tetapi meskipun butuh berhari-hari dan berminggu-minggu untuk mengorbit M87* yang lebih besar, ia menyelesaikan putaran Sgr A* hanya dalam beberapa menit.Para peneliti harus mengembangkan alat baru yang kompleks untuk memperhitungkan target bergerak. Gambar yang dihasilkan, karya lebih dari 300 peneliti di 80 negara selama lima tahun, adalah rata-rata dari beberapa gambar yang mengungkapkan monster tak terlihat yang bersembunyi di pusat galaksi.

Para ilmuwan sekarang ingin membandingkan dua lubang hitam untuk menguji teori tentang bagaimana gas berperilaku di sekitar mereka, sebuah fenomena yang kurang dipahami yang dianggap berperan dalam pembentukan bintang dan galaksi baru. Menyelidiki lubang hitam, khususnya, pusatnya yang sangat kecil dan padat yang dikenal sebagai singularitas, tempat persamaan Einstein dipecah, dapat membantu fisikawan memperdalam pemahaman mereka tentang gravitasi dan mengembangkan teori yang lebih maju.

Topik Menarik