Sat Kerthi for All, Senam Asal Indonesia Bakal Dilakukan Di Setiap Acara Resmi ASEAN

Sat Kerthi for All, Senam Asal Indonesia Bakal Dilakukan Di Setiap Acara Resmi ASEAN

Nasional | rm.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:02
share

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan senam atau ASEAN Fun Aerobic Dance (AFAD) di hadapan delegasi kementerian kesehatan dari anggota negara ASEAN, di Hotel Conrad, Bali, Jumat (13/5). Senam tersebut akan dipraktikkan pada setiap acara formal di negara ASEAN.

Senam itu bernama Aerobic Sat Kerthi for All dan diluncurkan bertepatan dengan pelaksanaan ASEAN Health Ministers Meeting ke-15 (15th AHMM). AFAD merupakan hasil dari ASEAN Fun Aerobic Dance Competition (AFADC) yang telah diadakan pada 2021.

AFADC merupakan tindak lanjut pelaksanaan ASEAN Car-Free Day yang merupakan inisiatif Indonesia pada Pertemuan AHMM ke-13 di Brunei Darussalam pada 2017. Saat itu, Indonesia terpilih sebagai negara yang memimpin kegiatan ASEAN Car Free Day .

AFADC telah diselenggarakan Kementerian Kesehatan pada 29 November 2021 di Jakarta dan melibatkan seluruh negara dalam lingkup ASEAN. Kompetisi dimulai pada awal Mei 2021 dan berakhir pada 29 Oktober 2021.

Sebanyak 27 peserta yang mendaftar, namun hanya 21 peserta yang telah mengirimkan video. Peserta terdiri dari 20 peserta dari Indonesia, 5 peserta dari Thailand, 2 peserta dari Malaysia.

Penjurian dilaksanakan pada 15 September-15 Oktober 2021. Dewan juri terdiri dari 8 orang, dari Jepang, Brazil, Indonesia, Kamboja dan Thailand dengan latar belakang ahli dalam asosiasi profesi fitnes/fitness atau dokter olahraga, koreografer tari/senam dan perwakilan dari ASEAN.

Setelah 2 minggu, pengumuman final pemenang diumumkan pada 30 Oktober 2021. Ada pun 3 pemenang dengan nilai tertinggi dari juri antara lain, Sat Kerthi for All, skor total: 571.4 dari Indonesia; Asia Tenggara yang Indah dengan skor total: 561.2 dari Indonesia; dan Budaya Tradisional ASEAN dengan skor total: 554.4 dari Indonesia.

Video favorit dari pilihan publik adalah Sat Kerthi for All dari Indonesia, total 10.918 suka. Video terfavorit pilihan publik tersebut dilakukan pada 16-29 Oktober 2021. Video terfavorit tersebut mendapatkan like terbanyak di channel YouTube AFADC.

Pemenang AFADC akan resmi diluncurkan sebagai ASEAN Fun Aerobic Dance dan menjadi milik ASEAN. Senam ini melambangkan komitmen ASEAN untuk mempromosikan gaya hidup sehat.

Hal itu diamanatkan melalui Agenda Pembangunan Kesehatan ASEAN Pasca-2015 dan dioperasionalkan melalui Program Kerja Cluster Kesehatan ASEAN tentang Mempromosikan Gaya Hidup Sehat.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Maria Endang Sumiwi berharap, ASEAN Fun Aerobic Dance dapat digunakan untuk memperkuat promosi gaya hidup sehat melalui dorongan dan mobilisasi aktivitas fisik di komunitas ASEAN, dan menjadi olahraga yang mewakili komunitas ASEAN.

Saya bangga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan oleh ASEAN dan untuk ASEAN. Jadi, mari berlatih ASEAN Fun Aerobic Dance untuk ASEAN yang lebih sehat. Melalui peluncuran AFADC ini diharapkan dapat menjadi upaya promosi aktifitas fisik yang mendukung gerakan hidup sehat untuk masyarakat ASEAN, katanya di Hotel Conrad, Bali. [ USU ]

Topik Menarik