Loading...
Loading…
Rocky Gerung Sebut Menlu Retno Memalukan Bangsa dan Harus Dipecat

Rocky Gerung Sebut Menlu Retno Memalukan Bangsa dan Harus Dipecat

Nasional | radartegal | Jumat, 13 Mei 2022 - 13:05

Bangsa Indonesia dianggap sudah dipermalukan menyusul tak adanya seorang pun pejabat Amerika Serikat (AS) yang menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo. Saat mendarat di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat (AS), Presiden Jokowi hanya disambut duta besar Indonesia di sana.

Akibat hal ini, Presiden Jokowi pun disarankan untuk segera memecat Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi. Pengamat politik, Rocky Gerung, mengatakanPresiden Jokowi kembali bertambah bebannya karena saat tiba di AS, tidak ada sambutan atau dijemput oleh pejabat AS.

Dia lantas meminta Presiden Jokowi untuk memecat Menlu Retni yang dinilai gagal menjaga wibawa presiden di hadapan negara lain. "Ini juga mestinya Retno itu Menteri Luar Negeri mestinya sudah dipecat tuh."

"Kan ini memalukan bangsa, bahwa presiden tiba di negara adikuasa yang seharusnya ada pembicaraan dan agenda yang lebih pasti, tiba-tiba hanya sendirian turun dari pesawat, terus masuk hotel," ujar Rocky saat berbincang dengan wartawan senior, Hersubeno Arief seperti dikutip di kanal YouTube Rocky Gerung Official, Jumat (13/5).

Rocky melihat, dari apa yang dialami oleh Presiden Jokowi tersebut semakin menjelaskan bahwa cara Amerika melihat Indonesia sudah berubah. Hal itu dimungkinkan karena problem dalam negeri yang menyebabkan Indonesia asal-asalan.

Baca Juga :
Menlu Retno Marsudi Harus Dipecat Jokowi, Kata Rocky Gerung

"Ini akan pengaruhi pertemuan nanti antara Asean dan Amerika Serikat. Dan sangat mungkin Joe Biden datang ke situ untuk bicara. Ya itu kita mesti tafsirkan sebagai teguran Amerika terhadap ketidakmampuan Indonesia untuk memberikan keputusan soal Rusia tuh," kata Rocky.

Rocky kembali menganggap bahwa tak disambutnya Jokowi oleh pejabat AS sangat memalukan.

"Jadi sampai di Amerika, presiden sudah dibully lagi sama netizen, kok begitu presiden kita kaya turis doang nyampe ke Amerika, mau ngomong apa, dan emang orang anggap memang gak ada poin Indonesia di dalam forum Asean-Amerika itu," terang Rocky.

Selain itu, Rocky juga melihat merosotnya profil Internasional Jokowi karena tidak dianggap oleh pemerintah AS.

"Jadi itu poin kita. Mungkin Amerika merasa ya dari awal juga profil politik luar negeri Indonesia ya cukup diatasi sendiri lah, tidak perlu ada keistimewaan basa basi diplomat," pungkas Rocky. (rmol/zul)

Baca Juga :
Jokowi Tak Disambut Pejabat AS, Rocky Gerung: Ini Skandal dan Pasti Memalukan

Original Source

Topik Menarik