Mega Dan JK Dihormati Dunia, RI Kecipratan Wanginya

Mega Dan JK Dihormati Dunia, RI Kecipratan Wanginya

Nasional | rm.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 12:52
share

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengatakan, Indonesia patut berbangga memiliki mantan presiden dan wakil presiden yang mendapat penghormatan dari negara asing.

Hal itu disampaikan Karyono menyikapi kehadiran Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri di acara pelantikan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, dan penghargaan bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun yang diterima Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla dari Pemerintah Jepang.

Kata Karyono, sambutan dan penghargaan dari pemerintah internasional kepada sejumlah tokoh Indonesia tentu mengangkat harkat dan martabat bangsa di mata dunia. "Bisa menjadi kebanggaan Indonesia," kata Karyono saat berbincang dengan RM.id, Jumat (13/5).

Menurutnya, sambutan dan penghargaan dari negara asing kepada Mega dan JK bukan sekadar seremonial belaka. Tentu, yakin dia, telah dipertimbangkan secara matang.

"Terutama rekam jejak tokoh-tokoh yang memiliki kontribusi bagi kemajuan bangsanya sendiri, maupun bagi negara yang bersangkutan," tambahnya. [ UMM ]

Topik Menarik