1.134 Warga Sumatera Barat Sudah Cabut Baiat dari NII

1.134 Warga Sumatera Barat Sudah Cabut Baiat dari NII

Nasional | wartaekonomi | Jum'at, 13 Mei 2022 - 12:33
share

Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Teddy Minahasa mengatakan total sudah 1.134 orang warga Sumbar dari berbagai kabupaten dan kota melakukan cabut baiat dari keanggotaan Negara Islam Indonesia (NII) .

Mereka, menurut Teddy sudah kembali bersumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Menurut data dari Mabes Polri, warga Sumbar anggota NII berjumlah 1.125 orang. Namun, jumlah itu bertambah berdasarkan hasil pengembangan menjadi 1.157 orang. Jadi ada penambahan anggota NII 32 orang. Seluruhnya yang sudah melakukan cabut baiat sejumlah 1.134 orang," ucapnya.

Teddy mengapresiasi warga Sumbar yang sebelumnya terpapar aliran radikal yang disebarkan yang disebarkan NII yang sudah kembali setia kepada NKRI.

"Tugas kita para stakeholder tidak selesai sampai disini, kita tetap memiliki tanggung jawab moral. Kita harus menjadi garda yang terdepan dalam mencegah dan menangkal segala bentuk paham radikal yang merongrong kesaktian Pancasila dan mengganggu keutuhan NKRI," tuturnya.

Baca Juga: Kasus Korona Melandai, Pendapatan Pajak Mulai Pulih

Dia menjelaskan 1.134 warga itu terdiri atas 391 orang di Kabupaten Dharmasraya, 518 orang di Kabupaten Tanah Datar, dan 225 orang cabut baiat di aula kantor Bupati Lima Puluh Kota, kemarin. Dia mengatakan dirinya memberi batas waktu cabut baiat anggota NII sampai 20 Mei.

Topik Menarik