Usung Konsep Wisata Ramah Lingkungan, Ini Teknis Yang Dikembangkan Nara Kupu Jogja

Usung Konsep Wisata Ramah Lingkungan, Ini Teknis Yang Dikembangkan Nara Kupu Jogja

Nasional | rm.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 11:22
share

Lokasi Eduwisata Nara Kupu Jogja yang tengah dibangun di kawasan kaki gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta ini akan mengusung konsep wisata agrikultur ramah lingkungan sehingga dipastikan selalu menjaga keasrian dan kebersihan kawasan.

"Pada prinsipnya, Nara Kupu Jogja ini berharap masyarakat dapat teredukasi mengolah sampah organik menjadi sumber penghasilan melalui bertanam sayuran organik," ujar Field Manager Nara Kupu Jogja, Doni Darmawan di Menteng, Jakarta Pusat, dalam keterangannya, Jumat (13/5).

Doni mengatakan, dengan begitu dapat dipastikan tidak ada limbah atau sampah organik yang akan dibuang, apalagi sampai mengotori lingkungan. Karena sampah organik nantinya akan diolah menjadi kompos, sama halnya dengan Nara Kupu Village di Depok.

Lebih lanjut, Doni juga memastikan bahwa dengan konsep ramah lingkungan, Nara Kupu Jogja komitmen mengajak masyarakat sekitar untuk sama-sama menjaga lingkungan dari berbagai pencemaran, terutama soal sampah.

"Misalkan yang sampah non organiknya bagaimana, kita bisa lihat di kota besar, Jakarta lah misalnya, masyarakat bisa diberdayakan melalui bank sampah, di mana nantinya sampah ini menjadi rupiah," ujarnya.

Menurutnya, dari hasil tanaman organik, dapat diolah menjadi macam-macam makanan sehat. Misalnya, kata Doni, produk panganan dari hasil organik yang pihaknya sediakan, yakni Bakmi Jogja Mbah Walid Nkv.

"Ini yang yang diracik khusus bersama Wihrasa dan Sayur Kendal serta jadi contoh bahwa makanan sehat juga bisa dinikmati dengan harga terjangkau," sebutnya.

Sementara itu Owner Wihrasa Group, Rayhan Christian Siego optimis, Bakmi Jogja Mbah Walid Nkv tersebut akan menjadi jajanan favorit yang sehat dan terjangkau sehingga dapat dinikmati semua lapisan masyarakat.

"Dari kualitas tentu terjamin, dari harga juga pasti terjangkau, lebih penting cara mendapatkannya mudah. Misalnya, lewat aplikasi Gofood Jogja dan produk Sayur Kendal Jogja di Tokopedia, " pungkasnya. ] DRS ]

Topik Menarik