Loading...
Loading…
Penyebab Hepatitis Misterius di Indonesia Bukan dari Luar Negeri

Penyebab Hepatitis Misterius di Indonesia Bukan dari Luar Negeri

Nasional | bukamatanews | Jumat, 13 Mei 2022 - 11:20

BUKAMATA - Hepatitis misterius yang diduga menyebabkan kematian 3 orang anak di Indonesia dipastikan bukan berasalah dari luar negeri.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, dari hasil penyelidikan terhadap ketiga korban, tidak ada diantara mereka yang melakukan perjalanan ke luar negeri atau keluar kota.

Kendati demikian penyebab penyebaran hepatitis misterius kini tak kunjung terkuak. Hingga kini, muncul dugaan bahwa hepatitis misterius ini dipicu oleh adenovirus strain 41.

dr Nadia menjelaskan, layaknya hepatitis, adenovirus pun sudah lama ada di Indonesia. Terdapat kemungkinan, adenovirus bermutasi sehingga memicu penyakit hepatitis misterius.

Menurut dr Nadia, terdapat banyak faktor penyebab adenovirus bisa bermutasi. Inggris, negara yang sudah mencatat ratusan kasus hepatitis misterius, mencari tahu penyebab mutasi adenovirus kini.

"Bisa juga adenovirus ini muncul dengan adenovirus yang sudah bermutasi, karena memang penyakitnya sudah ada di sini. Virus sudah ada lama baik hepatitis (atau) adenovirus, maka penularan penyebabnya tidak lewat pelaku perjalanan baik luar negeri maupun dalam negeri. Jadi memang sudah terjadi mutasi, ini faktor-faktornya banyak," jelasnya

Baca Juga :
14 Kasus Dugaan Hepatitis Akut di Indonesia Negatif Adenovirus

Original Source

Topik Menarik