Loading...
Loading…
295 Calon Jemaah Haji Asal Lebak Siap Berangkat ke Tanah Suci

295 Calon Jemaah Haji Asal Lebak Siap Berangkat ke Tanah Suci

Nasional | bantennews.co.id | Jumat, 13 Mei 2022 - 11:07

LEBAK Sebanyak 295 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Lebak, pada tahun 2022 ini siap berangkat ke Tanah Suci Mekah.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Lebak, Ahmad Firdaus mengatakan dari daftar tunggu di tahun 2020 lalu ada sebanyak 889 orang. Namun, yang akan berangkat pada tahun ini hanya sebanyak 295 orang saja.

Hanya 295 jemaah calon yang akan berangkat pada tahun ini, dan 63 orang lainnya merupakan cadangan, kata Ahmad saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).

Ia menjelaskan, sebanyak 295 CJH yang akan diberangkatkan pada tahun ini berdasarkan nomor porsi yang ada di dalam sistem se-Provinsi Banten.

Jadi misalnya Banten dapat porsi 4 ribuan lebih, nah bukan diatur untuk Lebak sekian untuk daerah lain sekian, bukan begitu. Tapi dilihat begini, ada berapa nih di Lebak lalu secara sistem akan melihat mana saja yang memang tidak memenuhi kriteria karena terkendala umur, lalu ada yang mengundurkan diri, ucapnya.

Ia mengungkapkan, jika para CJH yang akan berangkat harus kembali memeriksa kelengkapan berkas mereka. Mulai dari pelunasan, masa berlaku paspor, pemotretan ulang, hingga kondisi kesehatan.

Baca Juga :
Setelah Tertunda 2 Tahun, Ratusan Calon Haji Berangkat ke Mekah

Vaksin dari dosis 1 sampai 3 atau booster, lalu vaksin meningitis serta pemeriksaan kesehatan lain oleh Dinkes. Jemaah juga harus melakukan tes PCR 72 jam sebelum keberangkatan, ujarnya.

Ia pun menambahkan, untuk kelompok terbang (kloter) pertama di Kabupaten Lebak akan diberangkatkan pada awal Juni mendatang.

Memang waktunya mepet karena tanggal 4 Juni sudah pemberangkatan kloter pertama. Peraturan untuk persiapan bimbingan manasik sudah turun, dan akan dilakukan 6 kali yakni 4 di tingkat kecamatan yang dibagi zona dan 2 di tingkat kabupaten, katanya.

Sementara itu, Yul Haidir, salah seorang calon haji asal Kecamatan Warunggunung, mengatakan, dirinya bersama istri sudah siap untuk berangkat ke tanah suci Mekah tahun ini untuk melaksanakan ibadah haji.

Kami berharap pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur, kata Yul Haidir saat ditemui BantenNews.co.id, Jumat (13/5/2022).

( San/Red)

Original Source

Topik Menarik