Loading...
Loading…
Aktivis, Mahasiswa, dan Buruh Gelar Demo Jokowi 19-20 Mei

Aktivis, Mahasiswa, dan Buruh Gelar Demo Jokowi 19-20 Mei

Nasional | law-justice.co | Jumat, 13 Mei 2022 - 10:48

Demo besar-besaran terhadap pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi akan terjadi pada tanggal 19-20 Mei 2022 mendatang. Adapun yang melakukan itu adalah sejumlah elemen mahasiswa, aktivis, hingga buruh yang tergabung dalam Komite Rakyat Lawan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KRL-KKN).

Aksi nasional itu merupakan hasil dari acara konsolidasi nasional yang berlangsung pada 10-12 Mei di kawasan Taman Wiladatika, Depok.

"Dalam rangka aksi nasional menyelamatkan negara dari kerusakan dan kehancuran pada tanggal 19 hingga 20 Mei 2022," tulis keterangan resmi KRL-KKN.

Selain itu, KRL-KKN juga akan menggelar aksi tabur bunga di tugu reformasi Universitas Trisakti, 13 Mei besok. Aksi itu dilakukan untuk mengenang pahlawan reformasi yang gugur saat kerusuhan Mei 1998 silam.

KRL-KKN menggelar Konsolidasi Nasional Rakyat Indonesia (KNRI) selama tiga hari pada 10-12 Mei 2022, membahas sejumlah persoalan seperti tata negara hingga ekonomi.

Namun, aksi itu disebut mendapat tekanan. Mereka tak dibolehkan menggunakan gedung aula. Padahal, perizinan gedung sudah didapat.

Advokat Nandang Wirakusumah yang turut hadir dalam konsolidasi menyebut bakal mengupayakan langkah hukum terkait tekanan tersebut. Ia mengaku tengah mengkaji hal itu dengan tim advokasi.

Baca Juga :
Anggota Komisi III DPR: Silakan Demo Tapi Niatnya Jangan Menyerang Lawan Politik

"Kami akan kaji upaya apa yang memungkinkan dilakukan melalui hukum dari tim advokasi," kata Nandang.

Original Source

Topik Menarik