Lahir di Kaki Gunung Talang dan Dibesarkan di Pekanbaru, Waka Polri Komjen Gatot Fasih Berbahasa Minang

Lahir di Kaki Gunung Talang dan Dibesarkan di Pekanbaru, Waka Polri Komjen Gatot Fasih Berbahasa Minang

Nasional | riau24.com | Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:28
share

RIAU24.COM- Tidak ada yang menduga seorang Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono lahir dan sempat tinggal di Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar).

Meskipun hanya sebentar menetap di Sumbar, ia masih fasih berbahasa Minang. Ia membuktikan masih bisa berbahasa Minang, saat berpantun dalam peresmian Masjid Hj Alisma Alius di Kabupaten Solok, Sumatra Barat, Selasa (10/5/2022).

Wakapolri Resmikan Masjid Hj Alisma Alius di SolokKomjen Gatot mengatakan, masyarakat Sumbar dikenal dengan pantunnya. Ia berpantun untuk mengucapkan salam kepada para tamu yang hadir di acara peresmian masjid tersebut.zxc1

Berikut pantun Minang Komjen Gatot:

Ambiak rambutan pakai galahrambutan masak masuak ka goniambo unjuakkan salam jo sambahsambah taunjuak ka urang rami

Ka Payakumbuah naik otopainyo malam sanayansambuiklah salam dari ambountuak saluruah tamu undangan

Komjen Gatot mengaku bisa berbahasa Minang, karena lahir di Kabupaten Solok, Sumbar pada 1965. Tepatnya di Sukarami.

Pak waka bisa minang?. Kenapa gak bisa bahasa Minang. Saya itu lahir di bawah kaki Gunung Talang, Sukarami, ujarnya.zxc2

Ia mengatakan, juga menetap selama 7 tahun di Kabupaten Solok. Kemudian dia baru pindah ke Pekanbaru, Riau. Saya 7 tahun di Solok, ujarnya.Masjid Hj Alisma Alius didirikan Mantan Kepala mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Pol (Purn) Suhardi Alius. Nama masjid itu merupakan nama ibu dari Suhardi Alius.

Masjid megah ini dibangun sejak November 2021. Masjid yang berlokasi di jalan lintas Padang-Solok bisa dimanfaatkan warga sekitar dan para musafir untuk beribadah dan beristirahat.

Kata Gatot, masjid ini bukti bakti Suhardi Alius kepada orang tuanya. Suhardi juga dinilai peduli dengan kampung halamannya Kabupaten Solok. (Sumber- Langgam.id)

Topik Menarik