Loading...
Loading…
Profil Ghafur Akbar Dharmaputra, Dubes yang Pimpin Evakuasi WNI dari Ukraina

Profil Ghafur Akbar Dharmaputra, Dubes yang Pimpin Evakuasi WNI dari Ukraina

Nasional | sindonews | Jumat, 13 Mei 2022 - 09:21

JAKARTA - Duta Besar (Dubes) RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia pada Kamis (12/5/2022) malam.

Kabar wafatnya Ghafur dibagikan oleh Dubes RI Kazakhstan dan Tajikistan, Fadjroel Rahman melalui akun Instagram pribadinya.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang ke rahmatullah Bapak Dubes RI untuk Ukraina merangkap Armenia dan Georgia H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra pada pukul 21.50 WIB di Jakarta," kata Fadjroel.

Sebelum menjabat sebagai dubes, Ghafur merupakan Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Ghafur mengisi posisi Dubes per dilantik Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021 lalu. Ghafur lahir di Bandung, 16 Februari 1964.

Sebagai informasi, dalam konflik Ukraina-Rusia, Ghafur memiliki jasa penting untuk warga negara Indonesia (WNI). Ghafur, berhasil mengevakuasi WNI yang terjebak di Ukraina akibat perang dengan Rusia. Evakuasi tersebut secara langsung dia pimpin.

Para WNI berusaha dievakuasi dari ibu kota Kiev, Ukraina, menuju perbatasan Moldova, Senin (28/2/2022). Seluruh WNI yang dievakuasi tiba di Rumania dengan selamat pada Selasa (1/3/2022).

Baca Juga :
Tutup Usia, Dubes RI untuk Ukraina Berjasa Evakuasi WNI, Ini Sosoknya

"Dipimpin oleh Dubes RI Ghafur. Mereka sudah berhasil dievakuasi ke Moldova dan sekarang di Rumania," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

Rombongan yang berangkat dari Kiev ke Rumania itu berjumlah 60 orang. Ada pun rinciannya, sebanyak 59 WNI dan 1 orang WNA.

Proses evakuasi dengan mengambil jalur selatan melalui kota Vinnytsia menuju Bucharest Rumania melalui Moldova. Evakuasi menggunakan 12 kendaraan dan banyak menggunakan jalur alternatif untuk menghindari antrean dan macet di jalur utama.

Rombongan berangkat dari KBRI di Kiev sekitar pukul 11.30 dan tiba di perbatasan Moldova pada pukul 22.00.

Original Source

Topik Menarik