Jangan Sampai Banjir Apalagi Longsor, Hujan Angin Diperkirakan Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia

Jangan Sampai Banjir Apalagi Longsor, Hujan Angin Diperkirakan Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia

Nasional | koran-jakarta.com | Jum'at, 13 Mei 2022 - 08:02
share

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, Jumat (13/5).

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Jumat (13/5), potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Dikemukakan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Laut Banda kemudian daerah konvergensi terpantau memanjang di Bengkulu, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Tengah hingga utara Kalimantan Utara.

Selain itu, terpantau di Sulawesi bagian tengah, di Laut Sulawesi, di Laut Filipina, dari Papua Barat hingga Samudra Pasifik utara Papua Barat, dan dari Laut Arafura hingga Papua.

BMKG menyampaikankondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Topik Menarik