Loading...
Loading…
Kontroversi Sepatu Balenciaga Usang Dijual Rp 26 Juta, Ternyata Ada Kisah Mencengangkan di Baliknya!

Kontroversi Sepatu Balenciaga Usang Dijual Rp 26 Juta, Ternyata Ada Kisah Mencengangkan di Baliknya!

Nasional | reqnews.com | Jumat, 13 Mei 2022 - 08:01

JAKARTA, REQnews - Rumah mode asal Prancis, Balenciaga tengah jadi perbincangan hangat para netizen di jagat maya baru-baru ini. Ini terjadi usai mereka merilis koleksi sepatu usang dan rusak parah yang dijual dengan harga fantastis, mencapai puluhan juta rupiah.

Dalam foto-fotonya yang beredar, tampak sepatu-sepatu tersebut sudah dalam kondisi rusak, kotor dan nyaris mustahil digunakan kembali.

Dilansir dari situs resmi Balenciaga, Jumat, 13 Mei 2022, koleksi sepatu usang itu dijual seharga 1.850 dolar AS atau setara Rp 26 juta. Harga tersebut sontak menuai kritik publik karena dinilai terlalu mahal untuk sebuah barang yang sudah rusak parah.

Bertajuk Paris High Top Sneaker, sepatu-sepatu tersebut dirilis pada Senin, 9 Mei 2022 lalu. Jika dilihat lebih detail, sepatu tersebut mengalami robekan, lecet, dan penuh dengan kotoran.

Untuk diketahui, harga Sneaker Top Paris standar yang masih normal biasanya dibanderol dengan harga 625 dolar AS atau sekitar Rp 9 juta. Itu artinya, sepatu rusak Balenciaga kali ini harganya nyaris tiga kali lipat sehingga langsung menuai kontroversi publik.

"Mengapa kemiskinan sekarang menjadi estetika bagi orang kaya?" kata akun Twitter Messiah Majid.

Baca Juga :
Sepatu Butut Seharga Rp9 Juta dari Balenciaga, Siapa Mau Beli?

Namun ternyata, aksi Balenciaga menjual sepatu usang dengan harga fantastis itu bukanlah tanpa alasan. Perusahaan ini mengungkap maksud di balik penjualan tersebut adalah untuk kampanye iklan sebagaimana yang dilaporkan Complex.

Dalam keterangan resminya, brand populer itu mengatakan bahwa foto-foto kampanye menunjukkan sepatu yang memang sangat usang dan kotor. Melalui itu, Balenciaga ingin menyampaikan pesan bahwa Paris Sneaker bisa dipakai seumur hidup yang berdampak positif terhadap kelestarian alam di bumi.

Balenciaga pun menjelaskan bahwa hanya ada 100 pasang sepatu kets hancur lebur yang mereka jual. Sementara untuk edisi non-limited dan versi lebih sederhana dijual di situs web mereka seharga 495 dolar AS (Rp 7 juta) dan 625 dolar AS (Rp 9 juta) sesuai dengan spesifikasinya.

Original Source

Topik Menarik