Loading...
Loading…
Kalsel Masih Bebas Kasus Hepatitis Akut Misterius, Tetap Waspada!

Kalsel Masih Bebas Kasus Hepatitis Akut Misterius, Tetap Waspada!

Nasional | apahabar.com | Jumat, 13 Mei 2022 - 07:48

apahabar.com, BANJARMASIN Kasus hepatitis akut misterius memang belum ada di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Meski begitu, penyakit yang banyak menyerang anak ini kini menjadi atensi serius oleh pemerintah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Diauddin mengatakan, Pemprov Kalsel kini mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus walau belum ada kasus hepatitis akut misterius yang ditemukan.

Pihaknya sudah meminta para kepala dinas melalui surat edaran untuk membangun dan memperkuat jejaring kerja surveilans dengan lintas program hingga lintas sektor utamanya di Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama di Kabupaten dan Kota.

Kita sudah membuat SE ke seluruh Dinkes Kab Kota agar meningkatkan kewaspadaan dan melaporkan kalau ada kasus yang di curigai, kata Diauddin, Jumat (13/5).

Pemerintah daerah juga katanya sudah meminta semua rumah sakit untuk bersiap merawat jika ditemukan kasus hepatitis akut misterius.

Dia mengimbau para orang tua tak perlu panikn karena hepatitis bisa di cegah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Anak dibiasakan cuci tangan sebelum makan dan tidak menggunakan peralatan makan secara bersama, sambungnya.

Baca Juga :
Mungkinkah Hepatitis Akut Misterius Jadi Pandemi? Ini Jawaban Kemenkes

Sementara di Gedung DPRD Kalsel, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Lutfi Saifuddin mengingatkan antisipasi hepatitis misterius harus dilakukan dari awal.

Meski belum ada kasus menurutnya pemerintah patut bersiap dan membentuk strategi.

Untuk anggaran penanganan hepatitis, Pemerintah Kalsel bisa menggunakan anggaran biaya tak terduga (BTT) anggaran yang sama digunakan saat antisipasi Covid-19, ujar politisi Gerindra Kalsel ini.

Selain itu, Lutfi berharap pemerintah provinsi segera membentuk UPTD baru krisis center untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

Original Source

Topik Menarik