Innalillahi, Dubes RI untuk Ukraina Wafat

Innalillahi, Dubes RI untuk Ukraina Wafat

Nasional | republika | Jum'at, 13 Mei 2022 - 07:48
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Duta Besar RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra (58 tahun) menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (12/5/2022) malam di RS Medistra Jakarta. Kabar duka datang dari keterangan resmi Kedutaan Besar (KBRI) Kiev melalui Instagram terverifikasi pada Jumat (13/5/2022).

" Innalillahi wa inna ilaihi rooji\'uun. Telah berpulang ke Rahmatulloh, Bapak Ghafur Akbar Dharmaputra, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia pada Kamis Malam, 12 Mei 2022 Di RS Medistra Gatot Subroto Jakarta Selatan," bunyi pernyataan tersebut.

"Semoga Almarhum Husnul Khotimah, diterima semua amal ibadahnya, dan diampuni semua dosanya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," tambah pernyataan tersebut.

Jenazah Dubes Ghafur disemayamkan di Rumah Emir Firdaus, Perumahan Admiralty Kav. B16, Jl. Fatmawati Raya No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Jenazah akan disholatkan setelah sholat Jum\'at.

"Keluarga Besar KBRI Kiev berduka mendalam atas kepergian beliau. Beliau adalah sosok pemimpin yang baik, amanah dan penuh tanggung jawab. Teladan dan kebaikan yg beliau tunjukkan akan senantiasa kami kenang. Allahummaghfirlahu Warhamu Wa\\'aafihi Wa\\'fu\\'anhu,\" tulis pernyataan KBRI Kiev.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kazakhstan, Fadjroel Rachman, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Dubes RI untuk Ukraina, H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra. Dalam postingan di Twitter pada Kamis (12/5/2022), Fadjroel menyatakan sangat berdukacita atas kepergian rekan sejawatnya itu.

"Innalillahi w.r. wafat Dubes RI untuk Ukraina H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra, pukul 21.50 WIB di Jakarta. Keluarga Besar KBRI Nur-Sultan @nursultan_kbri sangat berdukacita," katanya.

Sebelum menjabat sebagai dubes, Ghafur merupakan Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian).

Ghafur juga sempat menjadi Konsultan Jenderal RI di New York, Amerika Serikat (AS)

Topik Menarik