ARCI Sebut Faktor Emil Dardak Perkuat Posisi Demokrat di Jatim

ARCI Sebut Faktor Emil Dardak Perkuat Posisi Demokrat di Jatim

Nasional | jawapos | Jum'at, 13 Mei 2022 - 06:33
share

JawaPos.com Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) menilai, faktor Emil Elestianto Dardak memperkuat posisi Demokrat sebagai partai politik yang layak diperhitungkan di Jawa Timur.

Selama ini, Demokrat memang memiliki kursi eksekutif. Saat ini ada Emil Dardak. Ini keuntungan untuk Demokrat. Soal ramai-ramai di Musda itu tidak ada pengaruhnya, ujar Direktur Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt seperti dilansir dari Antara usai pemaparan hasil survei di Surabaya, Kamis (12/5).

Emil Dardak yang merupakan Wakil Gubernur Jatim dan masih berusia muda, yakni 38 tahun, disebutnya mampu membuat pemilih milenial cenderung ke Demokrat. Tapi, karena pemilih milenial juga cenderung apatis, Demokrat harus menggarap pemilih tradisional.

Lebih lanjut, Baihaki mengungkapkan, faktor Demokrat dipimpin Emil Dardak saat ini memberi angin segar khususnya dalam meraup suara milenial. Ada juga faktor Emil Dardak yang memimpin Demokrat Jatim saat ini. Tapi semua tetap bergantung apakah partai mau menggarap basis dengan serius tidak, tutur Baihaki Sirajt.

Sementara itu, pada tingkat elektabilitas partai politik di Jatim dan jika Pemilu digelar saat ini, Partai Demokrat berada di posisi kelima dengan raihan suara 7,6 persen. Sedangkan, empat partai politik di atasnya adalah PKB sebesar 19,9 persen, PDI Perjuangan 16,2 persen, Gerindra 14,9 persen, dan Golkar 10,1 persen.

Di bawah Demokrat adalah Nasdem sebesar 6,9 persen, PPP 5,5 persen, kemudian PAN 3,2 persen, serta PKS 2,7 persen.

Sekali lagi, Partai Demokrat berpeluang naik karena banyak dilirik milenial, kata Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada 1125 April di 38 kabupaten/kota di Jatim dengan jumlah responden proporsional. Survei itu menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang, dengan margin of error sebesar tiga persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Populasi survei adalah warga Jatim yang sudah punya hak pilih dalam pemilihan umum, berusia 17 tahun atau lebih, atau telah menikah.

Topik Menarik