Disnak Trenggalek Turun ke Pasar, Cek Hewan Ternak Antisipasi PMK

Disnak Trenggalek Turun ke Pasar, Cek Hewan Ternak Antisipasi PMK

Nasional | genpi.co | Jum'at, 13 Mei 2022 - 06:30
share

GenPI.co Jatim - Petugas Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Trenggalek melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak di pasar-pasar hewan setempat untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek Nur Kholiq melakukan pemeriksaan hewan di Pasar Dermosari Kecamatan Tugu, Kamis (12/5) kemarin mengatakan melakukan pemeriksaan menyeluruh.

Lanjutnya, pihak Disnak Trenggalek bahkan memeriksa kondisi ternak datang dan masuk area pasar hewan, penimbangan hingga diperdagangkan.

"Hasil pengecekan belum ada hewan yang terinfeksi PMK. Semua hewan dalam keadaan sehat. Kewaspadaan PMK tidak hanya untuk sapi, tapi juga hewan ternak lain seperti kambing dan domba," katanya.

Menurutnya, satu per satu hewan yang ada di pasar diperiksa, mulai dari bagian mulut hingga kaki hewan.

Selain melakukan pemeriksaan, kata dia, para penjual di pasar juga diajari tata cara pemeriksaan pada hewan yang akan dijual maupun dibeli.

"Para pembeli agar mengecek mulut dan kaki hewan ternak sebelum dibeli, apakah ada gejala PMK atau tidak. Jika terdapat gejala PMK harap segera melapor," katanya.

Dia mengimbau untuk sementara waktu, masyarakat untuk mengindari transaksi jual-beli hewan dari daerah yang dilaporkan sudah terkonfirmasi adanya PMK.

"Kami sarankan para pedagang untuk tidak membeli hewan dari daerah yang sudah ditemukan adanya kasus PMK, seperti Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, dan Lamongan," katanya. (ant)

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik