Loading...
Loading…
Humor: Anies, Ente Gak Bisa Jadi Presiden karena Bukan Orang Indonesia Asli

Humor: Anies, Ente Gak Bisa Jadi Presiden karena Bukan Orang Indonesia Asli

Nasional | republika | Jumat, 13 Mei 2022 - 06:05

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Para pengagum dan pendukung Anies Baswedan jangan baperan dan ngamuk dulu dengan judul di atas. Guyonan itu disampaikan ahli hukum tata negara, Dr Refly Harun terkait pasal yang menyebut yang bisa menjadi presiden adalah harus orang Indonesia asli.

Kenyataanya memang benar menurut Refly Harun bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bukanlah orang Indonesia asli. Anies memiliki darah keturunan Timur Tengah khususnya Yaman.

Refly Harun mengaku menyampaikan guyonan tersebut kepada Anies berulang kali. "Saya pernah bercanda dengan Anies dan saya sering mengulanginya, saya bilang Nies, ente tidak bisa jadi presiden, kenapa? Karena presiden orang Indonesia asli saya bilang," kata Refly sembari mengulum senyum dalam kanal Youtube Refly Harun.

Refly Harun lantas menjelaskan asal muasal guyonan tersebut. Menurut dia sebelumnya dalam Pasal 6 Undang-Undang dasar (UUD) 1945 dituliskan presiden harus orang Indonesia asli. Padahal terminologi atau pengertian dari istilah orang Indonesia asli sempat belum tergambar secara jelas. Baru dalam pembaruan pada UUD 1945 diubah aturan terkait pengertian terminologi orang Indonesia asli itu menjadi warga negara sejak keturunan dan tidak pernah menjadi warga negara lain karena kehendaknya sendiri.

Baca Juga :
Di Diskusi Kewarganegaraan Jimly: Anies-Ahok Itu WNI Asli

"Makanya dalam konstitusi yang baru ya, Undang-Undang Dasar 1945 setelah amandemen itu diubah ketentuan indonesia asli itu menjadi warga negara sejak keturunan dan tidak pernah menjadi warga negara lain karena kehendaknya sendiri," kata dia menjelaskan.

Sebutan Anies sebagai orang Yaman, Refly mengatakan masyarakat harus memahami konsep citizenship. Ia berkata, Anies, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Tsamara Amany, hingga Najwa Shihab adalah warga negara Indonesia asli sejak kelahirannya. "Anies Ahok, Tsamara, Najwa Shihab itu adalah orang Indonesia asli karena dia menjadi warga negara sejak kelahiran bukan karena proses naturalisasi," ujarnya.

Bahkan, menurut Refly tidak ada orang asli Indonesia. Karena apabila ditelusuri dari awal penciptaan manusia, maka semua manusia secara universal merupakan keturunan Nabi Adam dan Siti Hawa.

"Kalau kita usut belakang-belakang, nggak ada orang Indonesia asli karena semua orang kan, bapak Nabi Adam, kalau kita bicara universal maka sama, keturunan Nabi Adam dan Siti Hawa," ucap dia.

Baca Juga :
Makjleb! Mas Anies Kena Skakmat: WNI Keturunan Arab Ini Jangankan Bicara, Diamnya Pun Dusta!

Ia berpesan pihak yang menyebut Anies sebagai orang Yaman harus memahami konsep citizenship. Jadi warga negara itu ada dua. Pertama, seorang warga negara sejak kelahirannya. Kedua, warga negara karena proses naturalisasi, kata Refly.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA: > Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Humor Gus Dur: Orang Jepang Sombong Mati Kutu di Depan Sopir Taksi

> Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Teringat Humor Gus Dur Tentang Unta Hewan Gurun yang Pendendam

> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Original Source

Topik Menarik