Kucurkan 7.700 Beasiswa untuk Santri, Erick Thohir: Kita Berharap Melalui Beasiswa Ini, Sekolah Islam Standarnya Sama dengan Sekolah Swasta maupun N..

Nasional | koran-jakarta.com | Jumat, 13 Mei 2022 - 05:17
Kucurkan 7.700 Beasiswa untuk Santri, Erick Thohir: Kita Berharap Melalui Beasiswa Ini, Sekolah Islam Standarnya Sama dengan Sekolah Swasta maupun N..

JABAR - Upaya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tak hanya menyasar sekolah umum, tetapi juga sekolah keagamaan dengan mengucurkan 7.700 beasiswa untuk para santri.

Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan, beasiswa ini merupakan langkah pemerintah untuk menyamakan kualitas SDM lulusan sekolah Islam dengan sekolah -sekolah umum swasta dan negeri.

"Kita berharap melalui beasiswa ini pendidikan atau sekolah Islam standarnya sama dengan sekolah swasta maupun negeri," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan kerjanya di Pandeglang, Provinsi Jawa Barat, seperti dilansir,Kamis (12/5) dikutip dari rilis Kemeninfo hari ini.
Lebih lanjut Menteri Erick menjelaskan, perusahaan BUMN akan fokus membantu program beasiswa untuk pesantren dan pendidikan Islam guna membangun SDM yang berkarakter dan berakhlak.

Sebab, pesantren dan pendidikan memiliki pondasi akhlak, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ideologi Pancasila.

Dia juga telah menginstruksikan supaya kegiatancorporate social responsibilityatau tanggung jawab sosial di lingkungan BUMN diprioritaskan untuk membangun sektor pendidikan.

"Kita membantu program pesantren dan pendidikan Islam dengan memberikan beasiswa, fasilitas sarana dan peralatan pendidikan," katanya.

Menurut Menteri Erick, perusahaan BUMN juga menjalin kerja sama dengan Badan Zakat Nasional (Baznas) untuk program beasiswa yang sedang belajar di pesantren dan pendidikan Islam.

Dalam kerjasama ini, lanjutnya, Ketua Baznas menjanjikan untuk memberikan beasiswa bagi 10 ribu santri.

"Seandainya 17.700 santri yang menerima program beasiswa itu menjadi pemimpin, dipastikan akan menjadi kekuatan umat Islam," imbuhnya.

Tak hanya beasiswa, BUMN juga memiliki program magang untuk santri agar mereka memiliki kompetensi dan keterampilan di berbagai bidang, yang telah diikuti oleh ribuan santri.

Program magang tersebut bertujuan untuk menciptakan pemimpin-pemimpin muda yang memiliki kapabilitas untuk meningkatkan kemajuan bangsa ini.

Artikel Asli