Loading...
Loading…
Tanda Seseorang Menderita Kanker Mematikan

Tanda Seseorang Menderita Kanker Mematikan

Nasional | republika | Jumat, 13 Mei 2022 - 02:37

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker pankreas menyumbang 3 persen dari semua kanker di AS dan sekitar 7 persen dari semua kematian akibat kanker. Banyak pasien kanker pankreas tidak mengalami gejala sampai stadium lanjut sehingga penyakit ini dikenal sebagai pembunuh diam-diam.

Salah seorang pembawa acara, Alex Trebek, didiagnosis menderita kanker pankreas stadium 4 pada Maret 2019 dan meninggal pada 8 November 2020. "Saya tidak takut mati. Saya akan berusia 80 tahun. Saya telah menjalani kehidupan yang baik, dan saya mendekati akhir. Saya tahu itu, kata Trebek dalam bukunya The Answer Is dilansir Eat This, Not That , Kamis (12/5/2022).

Menurut para ahli kesehatan, berikut adalah lima tanda kanker pankreas yang tidak boleh Anda abaikan:

1. Didiagnosis diabetes mendadak

Diabetes mendadak bisa menjadi tanda peringatan kanker pankreas. Jika tiba-tiba terkena diabetes di usia yang lebih tua, Anda harus memeriksa pankreas karena itu bisa menjadi salah satu cirinya," ujar Ketua Bedah Umum di Klinik Cleveland di Cleveland, Ohio, Matthew Walsh.

2. Penyakit kuning dan penurunan berat badan

Sementara kanker pankreas stadium awal sulit dikenali, ada gejala tertentu yang harus diwaspadai. "Jika Anda melihat penurunan berat badan yang tidak disengaja, penyakit kuning (kulit menguning), dan sakit perut, kami sarankan menemui dokter perawatan primer," kata ahli onkologi bedah, Jin He.

Baca Juga :
Perhatikan, Sunah Rasulullah Matikan Lampu saat Tidur, Tak Dimatikan Bisa Bahaya

3. Sakit perut bagian atas

"Hampir tujuh dari 10 orang (70 persen) dengan kanker pankreas pergi ke dokter karena mereka merasa sakit," ujar Cancer Research UK.

Nyeri lebih sering terjadi pada kanker tubuh dan ekor pankreas. Orang menggambarkannya sebagai nyeri tumpul. Ini bisa dimulai di daerah perut dan menyebar ke punggung, lebih buruk saat Anda berbaring. Kondisinya lebih buruk setelah makan.

4. Anda seorang perokok

"Jadi satu-satunya faktor risiko yang diketahui adalah merokok tembakau," kata Walsh.

Mungkin ada beberapa komponen genetik, ada beberapa bentuk yang sudah dikenal, tapi peneliti belum mengetahuinya dengan baik dan tidak ada tes genetik yang bisa pasien lakukan. Jika melihat Jimmy Carter dan keluarganya, banyak orang menderita kanker pankreas kecuali dia. Jadi ada peningkatan risiko dengan hal-hal seperti pankreatitis kronis, tetapi satu-satunya faktor risiko sebenarnya adalah merokok.

Baca Juga :
Selain Demam, Tanda Covid-19 Bisa Dilihat dari Kuku dan Daun Telinga

Bagaimana menurunkan risiko kanker pankreas?

Sayangnya, sebagian besar kanker pankreas tidak dapat dicegah, tetapi Anda dapat mengurangi risikonya dengan menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok, dan membatasi asupan alkohol, ujar He.

Faktor risiko lain, termasuk pankreatitis kronis dan riwayat keluarga. Kadang-kadang, He mengatakan lesi prakanker dapat diidentifikasi. Jika diangkat lebih awal, maka dapat mencegah kanker pankreas berkembang. Karena itu, menurut dia, ada kemungkinan untuk sembuh total dari kanker pankreas.

Original Source

Topik Menarik