Loading...
Loading…
Tiga Minuman Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Tiga Minuman Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Nasional | republika | Jumat, 13 Mei 2022 - 00:40

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Punya lemak di perut bisa mendatangkan masalah kesehatan, bukan cuma mengganggu penampilan. Lemak visceral alias lemak perut dapat memicu komplikasi serius.

Lemak visceral termasuk dalam jaringan kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pria memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menumpuk lemak visceral dibandingkan dengan wanita pra-menopause.

Hal ini diungkap sebuah studi baru yang dipresentasikan pada Kongres Eropa tentang Obesitas (ECO) 2022 di Maastricht, Belanda. Dalam studi yang diterbitkan di BMC Medicine , peneliti menghubungkan lemak perut dengan risiko kanker prostat yang fatal. Penelitian tersebut menemukan bahwa setiap tambahan 10 cm pada pinggang pria meningkatkan peluang untuk meninggal akibat kanker prostat sebesar tujuh persen. Kabar baiknya, seseorang bisa mengonsumsi minuman tertentu untuk mengurangi dan mengatasi lemak jahat ini, seperti dilansir dari Express.co.uk , Kamis (12/5/2022). Teh hijau Penelitian menunjukkan minum teh hijau yang diperkaya katekin dapat secara signifikan mengurangi lemak perut dalam beberapa pekan. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut polifenol, membentuk hingga 30 persen dari berat keringnya.

Baca Juga :
9 Minuman ini bisa bakar lemak secara alami, ampuh dan menyehatkan

Sebagian besar kandungan teh hijau adalah flavanol, umumnya dikenal sebagai katekin. Temuan dari penelitian pada manusia telah menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau dan ekstrak teh hijau dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak, dengan meningkatkan metabolisme tubuh serta oksidasi lemak. Satu studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods , memeriksa efek teh hijau yang diperkaya katekin pada orang dewasa China dengan proporsi lemak visceral yang tinggi. Penelitian ini melibatkan 118 subjek yang secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi setiap hari minuman yang mengandung 609,3 mg katekin dan 68,7 mg kafein atau minuman kontrol selama 12 pekan. Area lemak visceral, berat badan dan komposisi tubuh diukur pada pekan ke nol, pekan kedelapan, dan pekan ke-12. Studi ini menemukan rata-rata area lemak visceral, berat badan, dan lemak tubuh berkurang "secara signifikan" dengan perawatan teh hijau yang diperkaya katekin, tetapi efek ini tidak terlihat pada kelompok kontrol. Air kelapa Air kelapa rendah kalori dan mengandung enzim serta mineral alami, termasuk potasium, serat, dan protein. Kandungn inilah yang membuatnya sempurna untuk menurunkan berat badan. Air kelapa juga memiliki berbagai mineral dan vitamin yang dapat membantu mengisi kembali elektrolit dalam tubuh. Air kelapa biasa bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk orang dewasa dan anak-anak yang mencari minuman kurang manis. "Air kelapa memiliki lebih sedikit gula daripada banyak minuman olahraga dan gula jauh lebih sedikit daripada soda dan beberapa jus buah," kata Lilian Cheung, DSc, dari Harvard School of Public Health.

Original Source

Topik Menarik