Loading...
Loading…
Ketua DPR Minta Pemilihan Penjabat Daerah Transparan dan Libatkan Partisipasi Publik

Ketua DPR Minta Pemilihan Penjabat Daerah Transparan dan Libatkan Partisipasi Publik

Nasional | republika | Jumat, 13 Mei 2022 - 00:26

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar pemilihan penjabat kepala daerah dilakukan secara transparan dan terbuka bagi partisipasi publik.

Puan juga mendorong proses seleksi melibatkan partisipasi publik. Hal ini disampaikan Puan merespons 101 daerah yang akan diisi oleh penjabat kepala daerah pada 2022.

Senada dengan Puan, Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Armand Suparman menegaskan partisipasi publik tidak dimaksudkan sebagai pemilihan oleh publik, tetapi publik bisa memberikan penilaian dan masukan terkait calon penjabat. Catatan dan masukan publik itu, menurut Armand, diharapkan bisa membantu pemerintah dalam menentukan figur penjabat. Selain itu, partisipasi publik juga akan memperkuat legitimasi terhadap para penjabat.

Ia juga mengungkapkan pentingnya partisipasi publik dalam pemilihan penjabat kepala daerah. Pasalnya, para penjabat itu akan menghadapi beberapa tantangan dalam melaksanakan tugasnya, mulai dari merespons kebijakan pemerintah pusat dan pemulihan usai pandemi.

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Original Source

Topik Menarik